Breaking News:

Berita Tuban

Hari Pertama, 28 Pemohon Dapat SIM Gratis dari Polres Tuban di HUT Bhayangkara ke 74

Hari pertama, sudah ada 28 pemohon yang mendapatkan SIM gratis pada HUT Bhayangkara ke 74.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Kasat lantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono saat menyerahkan simbolis SIM gratis bagi pemohon yang lahir pada 1 Juli 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Pembuatan SIM gratis dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74 dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Tuban.

Satlantas Polres Tuban memberikan SIM khusus penerbitan baru tanpa biaya kepada pemohon yang lahir pada 1 Juli, dengan usia minimal 17 tahun.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono mengatakan, sudah ada 28 pemohon yang mendapatkan SIM gratis pada HUT Bhayangkara ke 74.

Rinciannya untuk SIM A ada 10 pemohon dan SIM C 18 pemohon.

"Untuk pendaftaran dibuka 14 Juni sampai 3 Juli 2020, namun per hari Rabu sudah ada 28 yang dapat SIM gratis, jadi masih sisa dua hari," ujar Argo, Rabu (1/7/2020).

Argo menjelaskan, mereka yang dapat SIM karena sudah melengkapi persyaratan surat kesehatan, psikologi, lulus ujian teori dan praktik, serta dalam prosesnya tanpa mengurangi kualitas masing-masing tahapan permohonan SIM baru.

Untuk biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) SIM baru ditanggung oleh BRI, begitu pemohon dinyatakan lulus, petugas Satpas langsung mencetak SIM.

"Biaya SIM gratis ini ditanggung sponsor dalam hal ini BRI, di luar biaya SIM misal biaya kesehatan dan lainnya di bukan kewenangan kami," pungkasnya.

Dikutip dari kompas.com, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM.

Untuk pembuatan SIM A biaya PNBP Rp 120 ribu, untuk SIM C Rp 100 ribu, sedangkan untuk biaya SIM D Rp 50 ribu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved