Berita Kota Blitar

Jumlah Kasus Positif Corona di Kota Blitar Bertambah 1 Lagi

Kasus konfirmasi positif virus Corona di Kota Blitar bertambah satu kasus lagi, Selasa (30/6/2020). Sehingga kini jumlahnya 9 kasus

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Ilustrasi rapid test 

SURYA.co.id | BLITAR - Kasus konfirmasi positif virus Corona di Kota Blitar bertambah satu kasus lagi, Selasa (30/6/2020). Saat ini, jumlah komulatif kasus positif virus Corona di Kota Blitar sebanyak sembilan orang dengan rincian enam sembuh dan tiga masih perawatan.

Dalam laporan hariannya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, dr M Muchlis menyampaikan satu pasien baru positif virus Corona seorang laki-laki usia 34 tahun dan berdomisili di Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Pasien merupakan orang tanpa gejala (OTG) virus Corona. Pasien menjalani rapid test pada 20 Juni 2020 dan hasilnya reaktif. Lalu, pasien melakukan tes swab tenggorokan pada 26 Juni 2020.

"Hasil tes swab keluar kemarin dengan hasil positif. Sekarang pasien menjalani isolasi di RS rujukan Covid-19," kata Muchlis.

Ketua Harian Penanganan Covid-19 Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan belum mengetahui secara detail riwayat pasien. Didik juga tidak menyebutkan latar belakang pekerjaan pasien. Tetapi, nenurutnya, pasien memiliki mobilitas tinggi di bidang pekerjaannya.

"Yang bersangkutan keliling ke mana-mana, bisa ke Malang dan daerah lain," ujarnya.

Dikatakannya, Dinkes sudah melakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan pasien. Hasilnya, ada sembilan orang baik dari keluarga dan teman kerja yang kontak erat dengan pasien.

Dinkes juga melakukan rapid test terhadap 12 orang yang kontak erat dengan pasien. "Hasil rapid test, sembilan orang non-reaktif dan tiga orang lagi ditindak lanjuti dengan tes swab. Saat ini, mereka isolasi mandiri di rumah," katanya.

Dikatakannya, Dinkes juga melakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan perempuan pasien positif virus Corona asal Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Dinkes mendapati sembilan orang yang masih hubungan keluarga melakukan kontak erat dengan pasien.

"Hari ini kami melakukan pengambilan swab terhadap sejumlah orang yang kontak erat dengan pasien asal Kelurahan Bendo. Sekarang mereka isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved