PPDB SMP Negeri di Surabaya

Daftar Ulang PPDB SMP Negeri di Surabaya Belum Dibuka. Tahapan Masih Verifikasi Surat Domisili

Dindik Surabaya melibatkan polisi untuk melakukan verifikasi terhadap surat domisili. Sehingga, daftar ulang PPDB SMP Negeri belum dibuka.

surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Kadindik Surabaya, Supomo saat menemui orangtua murid yang mempertanyakan perihal PPDB SMP Negeri Surabaya 2020 jalur zonasi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya masih melakukan verifikasi terhadap laporan masyarakat mengenai penggunaan surat domisili khusus untuk keperluan PPDB SMP Negeri Surabaya 2020.

Selama masih proses verifikasi, Dindik belum membuka proses daftar ulang meskipun PPDB SMP negeri jalur zonasi sudah diumumkan.

Kepala Dindik Surabaya, Supomo memaparkan dalam PPDB kali ini jumlah pendaftar yang menggunakan surat domisili mencapai 800 siswa.

"Dari jumlah tersebut yang diterima sebenarnya sekitar 300 siswa," ungkapnya.

Dengan demikian tidak semua siswa yang menggunakan surat domisili saat ini diterima. Supomo meminta agar orang tua tidak perlu khawatir ada kecurangan pada siswa yang mendaftar menggunakan surat keterangan tempat tinggal itu.

"Kami tidak punya kapasitas untuk menilai apakah itu asli atau bukan," terangnya.

Untuk itu siswa yang daftar dan dinyatakan diterima belum bisa daftar ulang. Sebelum hasil verifikasi dari aparat penegak hukum yang berwenang menilai keabsahan surat domisili khusus.

Aturan ini sudah tercantum dalam Perwali 21 tahun 2020 tentang PPDB yang termuat pada pasal 4 ayat (3).

Dindik juga sedang menyiapkan data SDK untuk dipublikasikan nama dan alamat siswa yang dinyatakan diterima menggunakan surat domisili.

"Jadi orang tua bisa mengecek. Sekaligus memberi informasi, jika alamat yang tercantum keliru. Sesuai dengan ketentuan PPDB, siswa yang menggunakan surat domisili akan didiskualifikasi dari sekolah,"tegasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved