Berita Gresik

34 Orang Terjaring Razia Masker di Gresik, Dihukum Bersih-bersih Pasar Sapi Balongpanggang

Penegakan protokol kesehatan (PPK) di masa transisi new normal juga dilakukan di wilayah pinggiran Gresik

SURYA.CO.ID/Willy Abraham
Warga Gresik yang kedapatan tidak menggunakan masker disanksi menyapu pasar sapi di Kecamatan Balongpanggang, Selasa (30/6/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Penegakan protokol kesehatan (PPK) di masa transisi new normal juga dilakukan di wilayah pinggiran Gresik, tepatnya di Kecamatan Balongpanggang.

Camat Balongpanggang, Jusuf Anshori bersama Danramil Balongpanggang, Kapten Inf M Zainudin dan Kapolsek Balongpanggang, AKP Tulus menggelar razia masker di tepi jalan raya Balongpanggang, Selasa (30/6/2020), pukul 10.00 Wib.

Razia tersebut menjaring satu persatu warga yang tidak mengenakan masker.

Mereka langsung dipakaikan rompi berwarna oranye. Rompi tersebut dikenakan untuk para pelanggar Perbup nomor 22 tahun 2020.

Para pelanggar juga diberikan sapu lidi untuk membersihkan fasilitas umum.

"34 orang terjaring tidak menggunakan masker dan dikenakan sanksi sosial bersih-bersih pasar sapi Balongpanggang," ucap Camat Balongpanggang, Jusuf Anshori, Selasa (30/6/2020).

Dipilihnya pasar sapi sendiri sebagai lokasi bagi para pelanggar Perbup untuk bersih-bersih supaya memberi efek jera.

Razia tersebut berakhir sekitar pukul 13.30 Wib. Ternyata masih banyak warga yang belum sadar menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), terutama masker.

Masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib digunakan selama pandemi virus Corona atau Covid-19. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Apalagi penyebaran Covid-19 di Gresik saat ini sudah mencapai 661 orang. 10 pasien positif Covid-19 di antaranya berasal dari wilayah Kecamatan Balongpanggang.

"Kami juga membagikan masker, hand sanitizer dan sarung tangan kepada masyarakat," pungkas Jusuf.

Diharapkan dengan dibagikannya masker, hand sanitizer dan sarung tangan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait menggunakan protokol kesehatan.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved