Breaking News:

Berita BUMN

Kembangkan UMKM, KBI Jalankan Program Kemitraan BUMN, Gulirkan Pinjaman untuk Petani Rumput Laut

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI Persero), sebagai salah satu BUMN, ikut merealisasikan Program Kemitraan dengan UMKM.

foto: KBI untuk surya.co.id
Petani rumput laut mitra binaan PT KBI di Maccini Baji, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI Persero), sebagai salah satu BUMN, ikut serta dalam merealisasikan Program Kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BUMN bergerak dalam bisnis lembaga kliring penjaminan dan penyelesaian transaksi di perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik komoditas serta sebagai Pusat Registrasi Resi gudang ini,  telah mengalokasikan dana CSR.

Dana ini diwujudkan Program Kemitraan dengan menjadikan beberapa UMKM menjadi mitra binaan, serta kegiatan Bina Lingkungan.

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama KBI mengatakan, sebagai BUMN, tentu sudah menjadi tanggung jawabnya, untuk turut mendukung pengembangan masyarakat khususnya UMKM.

"Sejalan dengan itu, kami juga telah mengalokasikan dana CSR yang dalam implementasinya terbagi untuk Program Kemitraan serta Bina Lingkungan," kata Fajar, Jumat (26/6/2020).

Harapannya, apa yang telah dilakukan KBI dalam berbagai program kemitraan ini, mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat, serta menjalankan peran BUMN sebagai agen pembangunan di bidang ekonomi.

"Sepanjang tahun 2019, Program Kemitraan yang dilakukan PT KBI telah merealisasikan dana lebih dari Rp 6 miliar untuk 127 mitra binaan, yang berasal dari sektor perikanan dan pertanian," ungkap Fajar.

Sedangkan untuk tahun 2020, direncanakan ada peningkatan Mitra Binaan menjadi 220 mitra.

Salah satu mitra binaan KBI adalah petani rumput laut yang berada di Maccini Baji, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Mitra binaan yang bergerak dalam komoditas rumput laut ini, mendapatkan dana program kemitraan KBI 2019.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved