Breaking News:

Berita Mojokerto

Dana BST DD di Mojokerto Dipotong Rp 500 ribu, Warga Mengeluh Cuma Dapat Rp 100 Ribu

Ada orang suruhan yang mendatangi rumah penerima BST DD itu dan meminta agar mengembalikan senilai Rp 500 ribu

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Kepala Dusun Wonoayu, Teguh Murjoko (51) menunjukan surat penerima bantuan BST DD di rumahnya, Kamis (25/6/2020). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Sejumlah warga mengeluhkan pemotongan Bantuan Sosial Tunai (BST) terdampak Covid-19 senilai Rp 600 ribu dari Dana Desa di Dusun Wonoayu, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Mirisnya, bantuan BST DD tersebut dipotong Rp 500 ribu, sehingga warga yang berhak hanya menerima Rp100 ribu.

Seorang warga penerima BST DD, SU (62) menjelaskan setidaknya ada 16 kepala keluarga di Dusun Wonoayu yang menerima bantuan BST DD tersebut.

"Alasannya ada pemotongan bantuan BST yang bersumber dari Dana Desa untuk pemerataan, tapi masih ada warga yang belum dapat," ujarnya ditemui SURYA.CO.ID di lokasi, Kamis (25/6/2020).

Ia mengatakan, permasalahan pemotongan ini terjadi saat pencairan BST DD tahap pertama pada 20 Mei 2020.

Mereka menerima undangan bermaterai dari desa setempat sebagai syarat pengambilan bantuan BST di Kantor Balai Desa. Mereka masing-masing menerima bantuan BST Rp 600 ribu.

"Ada orang suruhan yang mendatangi rumah penerima BST DD itu dan meminta agar mengembalikan senilai Rp 500 ribu yang berarti kami cuma dapat Rp 100 ribu saja," ungkapnya.

Menurut SU, seluruh penerima bantuan BST satu Dusun Wonoayu dipotong oleh seorang wanita yang mengaku orang suruhan dari desa setempat.

Warga hanya bisa pasrah merelakan sebagian uang bantuan BST dipotong lantaran takut ada intimidasi dari berbagai pihak terkait.

"Dana dipotong untuk pemerataan, dibagi senilai Rp 75 ribu setiap KK untuk warga yang belum dapat bantuan. Tapi sampai sekarang juga masih ada yang belum kebagian," jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved