Breaking News:

Pertamina

Pertamina Salurkan Dana Bergulir Ratusan Juta untuk Peternak Kambing di Kabupaten Malang

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus menyalurkan bantuan modal usaha Program Kemitraan bagi UMKM.

Foto: pertamina MOR V untuk surya.co.id
Peternakan kambing di Ampel Gading, Kabupaten Malang, yang menerima bantuan modal dari Pertamina (Persero) melalui MOR V Jatimbalinus. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus menyalurkan bantuan modal usaha Program Kemitraan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Malang

Bantuan untuk usaha pembibitan hewan ternak itu untuk mendukung UMKM peternakan naik kelas.

Bantuan modal yang disalurkan adalah sebesar Rp 850 juta kepada 32 mitra UMKM di wilayah Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Jawa Timur diserahkan pada Senin, 22/6/2020.

"Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina," kata Rustam Aji, Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V, Selasa (23/6/2020).

Program ini memberikan pinjaman modal kepada UMKM, dengan menawarkan jasa administrasi yang rendah, yaitu 3 persen saldo menurun setiap tahun dan maksimal pinjaman selama tiga tahun sejak awal tahun peminjaman.

Dukungan dana bergulir kemitraan ini merupakan komitmen nyata Pertamina untuk dapat berkontribusi sebagai bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bagi Indonesia dan menjadi agen pembangunan Negara di bidang ekonomi daerah.

“Pertamina bermitra dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menyeleksi pelaku UMKM yang bergerak di bidang peternakan yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan menjadi mitra binaan Pertamina,” ungkap Rustam Aji.

Peranan lembaga akademi yang dalam hal ini adalah UMM untuk menjalankan program pendampingan usaha secara intensif dan melekat, mulai dari penyiapan rencana usaha, pemanfaatan modal untuk lahan dan bibit ternak, hingga pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan.

“Kami berharap, selain dapat meningkatkan pendapatan peternak yang menjadi mitra binaan Pertamina, Program Kemitraan ini juga mampu mengurangi ketergantungan masyarakat pada pendanaan dari lembaga non perbankan seperti rentenir,” jelas Rustam.

Hendra Kusuma, Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM menyampaikan bahwa kondisi pandemi tidak boleh menjadikan para peternak untuk berhenti dan menyerah.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved