Breaking News:

Citizen Reporter

Menengok Patung sang Binatang Jalang, ini Dua Karya Puisi Chairil Anwar Ditulis di Kota Malang

Patung Chairil Anwar tersebut hanya ada dua di Indonesia. Selain di Malang, patung Chairil juga dapat ditemui di Jakarta, tepatnya di Monas.

foto: istimewa
Patung Chairil di Jalan Letjen Basuki Rahmad, Kayutangan, Kota Malang. 

SURYA.co.id | MALANG - Tidak banyak yang tahu jika di Kota Malang terdapat patung seorang penyair yang sangat dikenal di dunia kesustraan.

Penyair di era kemerdekaan itu mampu mengobarkan semangatnya untuk turut menyertai perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memberikan dorongan bagi banyak pejuang. Sosok itu bernama Chairil Anwar Sang Binatang Jalang.

Uniknya tak banyak patung yang menampilkan sosok sastrawan atau seniman seperti itu.

Patung Chairil Anwar tersebut hanya ada dua di Indonesia. Selain di Malang, patung Chairil juga dapat ditemui di Jakarta, tepatnya di Monas.

Akan tetapi, di Malang terbilang istimewa karena jika di Monas patung Chairil Anwar digabung dengan tokoh Indonesia lain dan ditempatkan di dalam gedung, sementara di Malang berada di luar dan bisa dilihat siapa saja yang melintasinya.

Sebuah penghormatan bagi Malang mengingat di tanah kelahirannya yaitu Medan patung Chairil tidak ada.

Patung Chairil berada di Jalan Letjen Basuki Rahmad, Kayutangan, Kota Malang, tepatnya di depan Gereja Katolik Hati Kudus dan sangat dekat dengan Toko Oen.

Jika menempuh perjalanan ke Alun-alun Merdeka Kota Malang melewat Jalan Basuki Rahmat atau Jalan MGR Sugiono, patung yang berada tepat di tengah taman berbentuk segitiga itu akan terlihat sangat jelas dan menawan. Itu seperti yang disaksikan Minggu (10/5/2020).

Dibuatnya patung Chairil Anwar itu tidak lepas dari kenangan yang dia berikan di Malang.

Penyair kelahiran Medan 26 Juli 1922 itu berada di Malang pada 25 Februari 1947 hingga 6 Maret 1947.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved