Breaking News:

Citize Reporter

Alumnus dan Mahasiswa Unair Inisiasi Program Ksatria Swadaya Pangan, Target Mahasiswa Perantau

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Unair dan satu alumnus Fakultas Kedokteran Unair menginisiasi program Ksatria Swadaya Pangan (KSP).

foto: istimewa
Mahasiswa Unair membagikan paket bantuan untuk mahasiswa perantauan di Surabaya dalam program Ksatria Swadaya Pangan (KSP). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Saat ini dunia sedang diporakporandakan oleh Covid-19. Akibatnya berbagai sektor seperti industri dan pendidikan terpaksa harus menghentikan segala aktivitasnya dan mulai beradaptasi.

Mirisnya, banyak terjadi fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang semakin memperburuk keadaan ekonomi masyarakat.

Hal itu tentu berimbas besar pada nasib mahasiswa perantau yang biasanya belum berpenghasilan dan pengaruh ekonomi keluarga terdampak Covid-19.

Menanggapi hal itu, dua mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Airlangga (Unair) dan satu alumnus Fakultas Kedokteran Unair menginisiasi berdirinya program Ksatria Swadaya Pangan (KSP).

Program itu merupakan terobosan dari jiwa kepedulian sosial putra-putri Airlangga.

Wahyu Setyo Putro mahasiswa Sasindo sekaligus salah satu inisiator program KSP saat ditemui menjelaskan, mereka merasa sakit hati ketika membaca berita seorang ibu meninggal akibat tidak makan dua hari karena ekonomi kacau akibat Covid-19.

Lantas, hal itu membuat ia dan teman-temannya berpikir tentang nasib mahasiswa di perantauan yang tidak berpenghasilan dan perekonomian keluarga terdampak Covid-19.

“Sebagian mahasiswa perantau ini kan rata-rata rela tidak pulang karena ingin menjaga keluarganya dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Sayangnya, mereka juga belum berpenghasilan, jadi pasti lumayan tersendat keuangannya. Jika dibiarkan bisa bahaya,” jelas Wahyu, Rabu (29/4/2020).

Maka dari itu, KSP hadir sebagai program yang memberikan bantuan logistik untuk mahasiswa perantau itu. Proses penyeleksiannya melalui link Google Form.

Mahasiswa bisa mengisi data dan alasan mengapa membutuhkan bantuan. Selanjutnya akan ada proses seleksi oleh tim KSP.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved