Breaking News:

Virus Corona

Kapten Kepala Induk AS Dipecat Gara-gara Ribuan Angkatan Laut Terpapar COVID-19

Gara-gara ribuan angkatan laut AS positif COVID-19, sang Kapten Brett Crozier dipecat secara permanen gara-gara tidak bisa mengendalikan virus corona.

Kolase Reuters/Al Arabiya/Shutterstock
Kapten Kepala Induk AS Dipecat Gara-gara Ribuan Angkatan Laut Terpapar COVID-19 

SURYA.co.id | WASHINGTON DC - Virus corona ( COVID-19) di kapal induk AS USS Theodore Roosevelt membawa korban jiwa dan jabatan.

Gara-gara ribuan angkatan laut AS positif COVID-19, sang Kapten Brett Crozier dipecat secara permanen gara-gara tidak bisa mengendalikan COVID-19 di kapal bertenaga nuklir itu. 

Laksamana Michael Gilday kepala operasi AL AS, mengatakan Brett Crozier yang dipecat sebagai kapten USS Theodore Roosevelt pada April, dinyatakan bersalah dalam menangani wabah Covid-19 di kapal pada Maret.

Gilday juga menyalahkan Laksamana Muda Stuart Baker karena kepemimpinan yang buruk.

"Saya yakin baik Laksamana Baker maupun Kapten Crozier kurang dari apa yang kita harapkan saat mereka memegang komando," kata Gilday dikutip dari AFP Sabtu (20/6/2020).

"Dalam tinjauan tindakan Laksamana Baker dan Kapten Crozier, mereka tidak cukup cepat memenuhi kewajiban utamanya" untuk menjaga keamanan 5.000 awak kapal.

Setelah melakukan penyelidikan 2 bulan, AL AS memutuskan Crozier tidak akan kemnbali ke Roosevelt atau kapal-kapal lainnnya.

Sementara itu promosi yang dinantikan Baker telah ditunda sambil menunggu tinjauan lebih lanjut.

Wabah virus corona di kapal Roosevelt adalah salah satu gejolak awal pandemi di AS, yang membuat kapal besar itu tertahan selama lebih dari sebulan di pelabuhan Guam.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kesiapan perang AS, dan kekhawatiran wabah juga melanda kapal-kapal lain.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved