Citizen Reporter

Siap Hadapi New Normal, Wisata Kuliner Deles Kini Dilengkapi Bilik Disinfektan

Wisata kuliner Deles di Surabaya siap menyongsong masa new normal. Apalagi, dengan dukungan mahasiswa, kini di sana tersedia bilik disinfektan.

ist
Mahasiswa berfoto di depan bilik disinfektan yang telah dibangun di Wisata Kuliner Deles, Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Semakin meningkatnya jumlah kasus covid-19 menuntut pemerintah harus sigap menghadapi pandemi ini.

Berbagai langkah telah diambil pemerintah untuk memutus rantai persebaran covid-19. Diantaranya, pemerintah menerapkan sistem social distancing. Masyarakat dihimbau untuk tetap tinggal di rumah dan meminimalisir aktivitas luar ruangan. Kalaupun hendak bepergian diharapkan hanya ketika ada keperluan yang sangat mendesak, harus mengenakan masker dan tak lupa tetap menjaga jarak aman antara satu dengan yang lain minimal 1,5 meter - 2 meter.

Untuk mendukung program pemerintah demi memutus tali persebaran covid-19, banyak perkantoran memilih untuk menerapkan sistem work from home , pusat-pusat perbelanjaan juga menerapkan antrian dengan jarak 1 meter antar pelanggan.

Selain itu, sejumlah tempat menyediakan bilik sterilisasi.

Melihat ini, kelompok pengabdian masyarakat mahasiswa UKDC juga ingin terlibat dalam gerakan memutus rantai persebaran covid-19.

Kelompok pengabdian masyarakat mahasiswa UKDC membantu pedagang wisata kuliner Deles di Surabaya membuat bilik desinfektan di depan sentra mereka.

“Dengan adanya bilik desinfektan ini, Wisata Kuliner Deles dapat tetap buka dan melayani pelanggan, karena memenuhi salah satu syarat “new normal” atau “normal baru” di lingkungan Wisata Kuliner Deles, lebih meyakinkan pengunjung yang datang” ujar Eko, pengelola wisata kiliner Deles. 

"Jumlah pengunjung juga sedikit meningkat” imbuhnya.

Bilik tersebut sudah dilengkapi dengan poster cara penggunaan dan cara mencegah penularan Covid-19. Jadi sebelum memasuki Wisata Kuliner, masyarakat diwajibkan untuk memasuki bilik desinfektan terlebih dahulu untuk mendesinfeksi tubuh mereka.

Selain disediakan bilik desinfektan, di Wisata Kuliner Deles juga terdapat kran cuci tangan yang memadai, juga telah disediakan hand sanitizer di wastafel toilet. Selain itu Wisata Kuliner Deles sudah menerapkan physical distancing dengan memberi jarak 1,5-2 meter antar kursi.

Penulis : Anita Mentari dan Veronica Windi, mahasiswa UKDC Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved