Breaking News:

Virus Corona di Malang

RS Saiful Anwar Malang Sediakan Gedung Khusus Layanan Covid-19 Usai Banyak Pasien Surabaya Raya

Pasien Covid-19 asal Surabaya Raya banyak yang dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Rumah Sakit milik Pemprov Jatim itu lakukan pengembangan

Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau gedung instalasi khusus layanan covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, Kamis (18/6/2020). 

SURYA.co.id | MALANG - Pasien Covid-19 asal Surabaya Raya saat ini banyak yang dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Rumah Sakit milik Pemprov Jatim itu pun melakukan pengembangan.

Kini, RS Saiful Anwar sudah menyiapkan gedung khusus untuk pasien Covid-19 atau Corona guna menjaga keamanan dan kenyamanan pasien dan para tenaga kesehatan.

Gedung instalasi layanan utama RS Saiful Anwar di sisi utara komplek rumah sakit, kini didedikasikan khusus untuk layanan pasien Covid-19. Gedung yang terpisah dari gedung utama ini digunakan khusus untuk pelayanan pasien Covid-19.

Dengan adanya gedung layanan khusus Covid-19, diharapkan masyarakat yang sakit non covid-19 tidak perlu lagi merasa takut mendapatkan perawatan di RS Saiful Anwar. Begitu juga pasien Covid-19 bisa mendapatkan perawatan yang lebih maksimal di RS Saiful Anwar.

Sejumlah ruangan diubah dan disesuaikan untuk layanan Covid-19 dengan keamanan yang ketat. Misalnya di lantai pertama terdapat layanan swab.

Swab di sini menggunakan bilik yang memisahkan antara pasien dan tenaga kesehatan dengan kaca pembatas yang tebal. Sehingga pasien dan tenaga kesehatan tidak mengalami kontak langsung.

"Mulai masuk ke gedung ini ada pemeriksaan awal. Jika ada kemungkinan dilakukan swab juga sudah difasilitasi layanan yang aman dan komprehensif, ada ruang OK, ada klinik hemodialisis. Bagi pasien lain yang non covid-19 jangan sampai khawatir nanti terkontaminasi karena ruangnya digunakan pasien covid-19, karena di sini semua sudah dipisahkan," kata Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim usai melakukan peninjauan, Kamis (18/6/2020).

Pasalnya di gedung ini semua sudah disediakan layanan khusus pasien Covid-19. Mulai pemeriksaan rapid test, swab, rawat jalan, ICU, hemodialisis, kamar operasi, tempat melahirkan, layanan untuk penyakit jantung, hingga ada juga pemulasaraan jenazah dan kamar jenazah.

Tidak hanya itu kamar-kamar rawat juga sudah disediakan dengan fasilitas tekanan negatif.

Total kapasitas di gedung layanan khusus covid-19 ini ada sebanyak 92 bed. Sebelumnya kapasitas bed di rumah sakit yang tersedia di RS Saiful Anwar hanya 39 itupun ada di gedung selatan di satu lokasi dengan pasien non covid-19 yang lain.

Namun setelah ada pengembangan di gedung utara ini maka seluruhnya akan dipindahkan ke instalasi ini.

"Jadi ini win-win service untuk masyarakat yang butuh layanan kesehatan. Harapannya yang pasien covid-19 tetap terlayani, yang non covid-19 bisa terproteksi, dan nakes juga diharapkan merasa secure," tegasnya.

Dirut RS Saiful Anwar Kohar Hari Santoso mengatakan, saat ini di rumah sakit Malang sudah merawat sebanyak 209 orang pasien Covid-19. Sedangkan yang saat ini sedang dirawat di sana ada sebanyak 32 orang.

"Kita saat ini sudah merawat 4 orang yang datang ke RS Saiful Anwar dari Surabaya Raya yaitu dari Sidoarjo. Kami hanya menerima karena mereka merujuk ke sini," kata Kohar.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved