Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

UPDATE Kasus Virus Corona di Jawa Timur, Tim Covid-19 Hunter Temukan 109 Orang Positif

Tes massal yang dilakukan oleh Tim Covid-19 Hunter Provinsi Jawa Timur menemukan banyak warga yang positif Covid-19

Kolase
Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi dan peta sebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Tes massal yang dilakukan oleh Tim Covid-19 Hunter Provinsi Jawa Timur menemukan banyak warga yang positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

Berdasarkan tes yang dilakukan di sepuluh daerah yaitu Sidoarjo, Kediri, Tulungagung, Gresik dan Bangkalan, Nganjuk, Lamongan, Madiun, Jember dan Probolinggo didapatkan ada sebanyak 109 orang positif Covid-19.

Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa dari total 10 daerah di Jatim yang didatangi oleh Covid-19 Hunter ada sebanyak 7.897 orang yang dilakukan tes. Baik rapid test maupun tes swab menggunakan PCR.

“Dari tim Covid-19 Hunter sudah mendapatkan hasil PCR Covid-19 sebanyak 109 orang dari total sampling sebanyak 7.897 orang. Tes massal ini adalah upaya mencari masyarakat yang positif, terutama yang OTG (Orang Tanpa Gejala, red),” kata Joni, Selasa (16/6/2020).

Menurut Joni, testing masif dilakukan sebagai upaya untuk mencari sebanyak-banyaknya warga positif Covid-19 yang berada di tengah masyarakat untuk kemudian dilakukan treatment. Mulai pengobatan dan perawatan hingga isolasi.

Adanya tes masif ini pula yang membuat angka penambahan Covid-19 Jatim melonjak beberapa waktu terakhir. Sebab yang dites jumlahnya banyak, sehingga yang ditemukan positif juga banyak.

“Penambahan banyak tidak masalah karena tes kita masif. Yang penting penanganannya yang kita lakukan tepat. Isolasi mandiri, perawatan di rumah sakit masih tertampung dan juga observasi,” tegas Joni.

Sementara itu, angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur terus bertambah. Per hari Senin (15/6/2020) kemarin malam, terdapat penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Jatim sebanyak 292 orang.

Angka penambahan kasus tersebut terbanyak tetap dari Kota Surabaya, yaitu 105 orang, kemudian disusul dari Kabupaten Tulungagung 41 orang, Kabupaten Gresik 38 orang, Kabupaten Pasuruan 29 orang dan dari Kabupaten Sidoarjo 27 orang.

Lalu dari Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Pacitan, masing-masing sebanyak 1 orang.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved