Breaking News:

Virus Corona di Magetan

Warung Gotong Royong di Magetan: Selain Berbagi Bahan Makanan, Ajarkan Anak-anak Budaya Hidup Bersih

Warung gotong royong ini dibentuk upaya peduli sesama di tengah pandemi corona atau covid-19.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Parmin
surya.co.id/doni prasetyo
Anak-anak di Dusun/Desa/Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan diajari memasang masker upaya membiasakan hidup bersih sesuai protokol kesehatan. 

SURYA/DONI PRASETYO
Masyarakat di Desa/Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan saling berbagi sayur mayur di warung Gotong Royong, di masa pandemi Covid 19 ini.

SURYA.co.id | MAGETAN - Sekitar pukul 5.30 WIB, puluhan anak di RT01/RW2, di Dusun/Desa/Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan sambil menenteng tas kresek mencentelkan ke sebuah media dibuat di warung gotong royong.

Warung ini dibentuk upaya peduli sesama di tengah pandemi corona atau covid-19.

Dalam operasionalnya warung gotong royong bahkan melibatkan anak-anak.

"Kami pingin mengajari anak-anak berbagi kepada sesama, sebagai wujud rasa gotong royong di pandemi Covid-19," kata Budahiri, salah satu pemakarsa warung gotong royong, Senin (15/6/2020).

Kecamatan Ngariboyo merupakan wilayah diduga sebagai pertama kali epidemi/wabah muncul di wilayah Kabupaten Magetan.

Selain mengajari berbagi, lanjut guru SDN 1 Sumberdukun, Ngariboyo, Magetan ini mengajarkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan dan menggunakan masker.

"Tidak mudah mengajak anak-anak menggunakan masker, apalagi setiap hari. Tapi dengan memberikan masker bergambar idola anak anak, seperti super hero, dan boneka frozen. Alhamdulillah, anak anak jadi suka, malahan tidak mau melepas maskernya,"kata Budahiri.

Tidak hanya itu, tambah Budahiri, anak-anak diajarkan mencuci tangan sesering mungkin, setiap habis bermain di luar rumah.

"Jadi tanpa disadari, pendirian warung gotong royong di lingkungan Dusun Ngariboyo ini juga mendidik anak-anak untuk berbagi dan peduli lingkungan,"kata guru olahraga SDN Sumberdukun 1, Magetan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved