Citizen Reporter

Waspada di Jalur Masuk Desa Gumeng, Kecamatan Bungah, Gresik

Karang taruna dan perangkat Desa Gumeng, Kecamatan Bungah, Gresik berjaga-jaga melindungi lingkungannya dari penyakit.

foto: istimewa
Setiap orang masuk ke Desa Gumeng, Kecamatan Bungah, Gresik dilakukan pengecekan suhu tubuh sebagai upaya penyeberan virus corona. 

SURYA.co.id | GRESIK - Semua orang ingin melindungi lingkungannya agar terhindar dari penyakit. Itu yang membuat karang taruna dan perangkat Desa Gumeng, Kecamatan Bungah, Gresik berjaga-jaga.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan oleh warga Desa Gumeng, Kecamatan Bungah, Gresik.

Upaya itu dilakukan bersama dengan Karang Taruna Desa Gumeng untuk melakukan serangkaian kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus.

Kegiatan itu di antaranya adalah menerapkan One Gate System Covid-19 bagi setiap orang yang masuk desa mulai Kamis, (2/4/2020).

Di depan pintu masuk Desa Gumeng didirikan sebuah posko penjagaan yang  dijaga ketat oleh para petugas desa.

Mereka membawa alat ukur suhu badan serta penyemprotan penyanitasi tangan untuk pemeriksaan kesehatan dan sterilisasi orang yang masuk ke desa itu.

Salah satu Pengurus Karang Taruna, Ilaini Basmatul H mengatakan, penerapan sistem itu untuk kebaikan Desa Gumeng juga.

“Ini untuk warga desa. Orang luar dilarang masuk ke desa karena ditakutkan membawa virus-virus. Setiap warga desa yang dari bepergian dites suhu terlebih dulu sebelum masuk desa. Apabila ditemukan tanda-tanda sakit akan ada penanganan dari desa,” ujarnya, Minggu (10/5/2020).

Bukan hanya menerapkan One Gate System Covid-19 untukpencegahan, pemerintah desa juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah desa.

Warga desa sangat kompak dalam melakukan pencegahan. Mereka beramai-ramai membuat disinfektan sendiri dan melakukan penyemprotan selama dua minggu sekali atau lebih.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved