Breaking News:

PPDB Kota Batu

PPDB TK dan SD di Kota Batu Diperpanjang Sampai 13 Juli 2020

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan perpanjangan ini untuk memberikan kesempatan sekolah memenuhi kuota penerimaan murid.

surabaya.tribunnews.com/benni indo
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih    

SURYA.co.id | BATU – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pendidikan memperpanjang penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga 13 Juli 2020.

Perpanjangan PPDB hanya berlaku untuk TK dan SD. Sedangkan SMP berjalan sesuai jadwal.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan perpanjangan ini untuk memberikan kesempatan sekolah memenuhi kuota penerimaan murid.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa SD di Batu memang kekurangan murid. Selain itu, juga ada orang tua yang terlambat mendaftarkan anaknya karena minimnya informasi. Menurut Eny, sosialisasi telah dilakukan jauh-jauh hari.

“Misalkan dikalkulasi, lulusan TK di Kecamatan Batu saja mencapai 690 siswa dan diperebutkan oleh 23 sekolah,” ungkapnya.

Eny berharap kebijakan baru tersebut dapat membantu wali murid yang terlambat mendaftar. Dengan adanya perpanjangan jadwal itu, diproyeksikan kuota sekolah bisa mencapai target.

Ketua Komisi C DPRD Batu, Khamim Tohari mendapati mayoritas SD di Kota Batu kekurangan murid. Temuan itu ia dapatkan setelah melakukan peninjauan langsung ke beberapa sekolah dasar yang ada di Kota Batu.

Selain menemukan banyak sekolah kekurangan siswa, Khamim juga mengatakan ada sekolah yang kekurangan guru kelas. Khamim pun menyarankan agar sekolah-sekolah yang berdekatan seperti SDN 2, 4 dan 6 Sisir digabung menjadi satu. Menurut Khamim, hal itu menjadi solusi untuk menanggulangi dampak kurang murid dan guru kelas.

“Saran saya begitu, digabung saja. Tapi nanti dibahas lagi dengan Dinas Pendidikan Kota Batu,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Khamim mengatakan PPDB SD sudah dilaksanakan sejak 2 sampai 3 Juni lalu dan sudah diumumkan 5 Juni. Di SDN 04 Sisir hanya menerima dua murid dari kuota 28 orang dan itu hanya satu rombel (rombongan belajar).

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved