Breaking News:

Berita Malang Raya

Demi Kesehatan Rakyat, Komisi E DPRD Jatim Dorong Pengembangan Empon-empon di Malang Raya

Sejumlah ahli berpendapat, empon-empon dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang dan dapat mengobati beragam macam penyakit.

SURYA.CO.ID/Rifky Edgar
Anggota Komisi E DPRD Jatim, Sri Untari. 

Laporan Reporter, Rifky Edgar

SURYA.CO.ID, MALANG - Rempah atau empon-empon kini sedang banyak dicari oleh masyarakat di saat adanya pandemi virus Corona atau Covid-19.

Sejumlah ahli pun berpendapat, bahwa empon-empon dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang dan dapat mengobati beragam macam penyakit.

Melihat hal tersebut, Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur kini sedang berupaya untuk mengembangkan empon-empon untuk menyemarakkan kembali pemanfaatan obat herbal.

Hal itu dilakukan, agar nantinya masyarakat dapat kembali memanfaatkan ramuan herbal khas Indonesia dalam bidang kesehatan.

"Empon-empon ini harus dikembangkan dan dilestarikan kembali. Sebelum ada obat modern, jamu tradisional ini sudah terbukti efektif untuk menangkal dan menyembuhkan berbagai macam penyakit," ucap Sri Untari, anggota Komisi E DPRD Jatim, Kamis (11/6/2020).

Untuk itu, di saat pandemi Covid-19 ini, Komisi E DPRD Jatim kini sedang menggagas Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Obat Tradisional.

Perda tersebut kini sedang disusun dan diharapkan nantinya dapat melestarikan ramuan herbal khas Indonesia.

"Penyusunan saat ini sudah 60 persen. Target kami akhir tahun ini selesai. Melalui Perda itulah diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan hayati yang ada di bhumi Nusantara ini," ucapnya.

Perempuan yang berdomisili di Kota Malang itu menyampaikan, bahwa pihaknya kini sedang mendorong untuk mengembangkan empon-empon di Malang Raya.

Hal tersebut ditunjang juga dengan tanaman herbal milik Pemprov Jatim yang kini sedang dikembangkan di Kota Batu.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved