Berita Trenggalek

860 Santri Perantau di Trenggalek Terima Bantuan

Sebanyak 860 santri perantau yang masih menetap di pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek ketika pandemi Covid-19 akan menerima bantuan.

surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ketika menyerahkan bantuan dari Baznas Trenggalek kepada santri perantau yang ada di di Ponpes Darussalam, Kecamatan Durenan. 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Sebanyak 860 santri perantau yang masih menetap di pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek ketika pandemi Covid-19 akan menerima bantuan.

Bantuan itu berasal dari dana gotong royong yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek.

Setiap santri akan menerima bahan makanan senilai Rp 100.000.

Bantuan itu salah satunya telah tersalur kepada 123 santri Ponpes Darussalam di Kecamatan Durenan pekan lalu.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari bantuan untuk warga yang bermukim di Trenggalek namun tak ber-KTP setempat.

"Di antaranya yang mendapatkan bantuan adalah santri-santri pondok yang berasal dari luar kota, dan tetap bermukim di pondok-pondok pesantren selama musim pandemi Covid-19," kata Mas Ipin, sapaan akrabnya.

Di saat normal, para santri lancar menerima kiriman dari orang tua. Beberapa santri di pondok-pondok tertentu juga mendapat penghasilan dari membantu warga sekitar. Ketika pagebluk datang, kondisinya berbeda.

"Biasanya teman-teman santri yang ada di pondok ini masih dimintai tolong kerja membuat genteng atau segala macam, namun sekarang ini tidak bisa. Maka kami berikan bantuan bahan makanan," tuturnya.

Keputusan para santri untuk tak pulang kampung saat Lebaran dan ketika ada pandemi Covid-19, kata dia, juga patut diapresiasi.

Mas Ipin bilang, secara tidak langsung mereka juga telah membantu pemerintah untuk meminimalisir penyebaran wabah.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved