Berita Surabaya

KPU Jatim Gandeng RT dan RW Perbarui Daftar Calon Pemilih Pilkada Serentak 2020

Proses Pemuktahiran Data Pemilih untuk Pilkada Serentak 2020 akan berbeda dari tahun sebelumnya

SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Komisioner KPU Jawa Timur, Nurul Amalia 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Proses Pemuktahiran Data Pemilih (Mutarlih) untuk Pilkada Serentak 2020 akan berbeda dari tahun sebelumnya. Nantinya, dalam proses tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melibatkan ketua RT dan RW.

Di antaranya, saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih.

"Untuk proses Coklit, kami tak datang dari rumah ke rumah, namun langsung bertemu Ketua RT," kata Komisioner KPU Jawa Timur, Nurul Amalia ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (5/6/2020).

Proses Coklit merupakan salah satu tahapan penting dalam penyelenggaraan pilkada. Coklit dilakukan oleh petugas pemutkhiran data pemilih (PPDP).

Dalam pelaksanaan Coklit tersebut, PPDP biasanya mendatangi rumah per rumah untuk melakukan sinkronisasi. Yakni, antara data KTP ataupun KK dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri.

DP4 tersebut telah diterima KPU sejak Januari lalu. Apabila terdapat kekeliruan, PPDP wajib melakukan koreksi berdasarkan KTP atau KK yang bersangkutan.

PPDP juga wajib memasukkan data pemilih baru yang pada saat hari pemilihan telah genap berusia 17 tahun. Serta, mencatat warga yang pindah domisili atau meninggal.

Keterangan tersebut akan dicatatat dalam Daftar Pemilih Sementara atau DPS. DPS akan menjadi dasar KPU untuk menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Untuk tahun ini, kami cukup berkoordinasi dengan Ketua RT. Meskipun begitu, apabila perangkat RT menjelaskan data kurang lengkap atau tidak tahu menahu DP4 yang kami sodorkan, kami akan datang ke rumah warga untuk mencocokkan," katanya.

Selain itu, tahapan ini juga bagian dari proses sosialisasi pilkada. Namun, tanpa mengarahkan pada sosok calon tertentu.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved