Menpora Zainuddin Amali Beberkan Kondisi Olahraga Nasional di Masa Pandemi COVID-19

Webinar bertajuk "Pon dan Prestasi Olahraga di Era Pandemi Covid-19" itu menghadirkan narasumber Menpora Zainuddin Amali.

surya.co.id/zainel arif
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dalam webinar olahraga nasional di era pandemi COVID-19 yang diselenggarakan Unesa via Zoom Meeting dan YouTube streaming, Jumat (5/6/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mencari solusi kegiatan olahraga nasional di era pandemi covid-19 sesuai protokol kesehatan dari WHO Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Webinar Keolahragaan Nasional, Jumat (5/6/2020).

Webinar via Zoom Meeting dan YouTube streaming bertajuk "Pon dan Prestasi Olahraga di Era Pandemi Covid-19" itu menghadirkan narasumber Menpora Zainuddin Amali.

Selain Menpora, ada pula Ketum Koni Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketum Koni Jatim Ir. H. Erlangga Satriagung, serta Kadispora Jatim Drs. Supratomo, M.Si.

Webinar diikuti 5.219 partisipan, seperti Asosiasi Guru Besar Olahraga, Koni Provinsi, Koni Kota maupun Kabupaten, para pelatih, guru olahraga dan masyarakat pencinta Olahraga begitu antusias dalam mengikuti perkembangan Olahraga Nasional.

Dalam kesempatan kali ini, Menpora RI Zainuddin Amali menyampaikan kondisi olahraga di era pandemi COVID-19.

"Pukulan COVID-19 ini sangat luar biasa kami rasakan dampaknya, di mana terjadi banyak penundaan event olahraga," kata Zainuddin.

Hal tersebut menyebabkan bermunculan permasalahan di berbagai sektor, seperti pada sektor pariwisata karena event berbasis Sport Tourism tidak berjalan.

Terhentinya Liga Sepak Bola, IBL, ProLiga Voli dan Event lainnya berdampak pada Ekonomi Kerakyatan.

Bahkan berdampak pada sektor sosial, kesehatan hingga olahraga itu sediri.

"Banyak atlet saat latihan mandiri di rumah menjadi kegemukan karena intensitas latihan yang rendah, serta performa altet menjadi menurun," ujarnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti, latihan yang tak diawasi pelatih, latihan tidak menggunakan fasilitas yang memadai, asupan gizi tidak terukur, tidak ada games-games saat latihan, dan tidak berada dalam lingkungan yang baik.

Meski begitu, tak dipungkiri bahwa Atlet juga merasakan dampak positif akibat Pandemi Covid-19.

Zainuddin Amali menyebut kini atlet dan pelatih serta pembina menjadi melek teknologi informasi dan altet menjadi terlatih belajar kemandirian.

"Teknologi Informasi itu menjadi Instrument penting dalam berkomunikasi maupun dalam penguatan literasi latihan berbasis digital," ujarnya.

Terakhir Menpora berpesan agar semua element olahraga bersiap untuk menjalani kehidupan new normal.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved