Breaking News:

Tips Mengatasi Masuk Angin

Mau Atasi Masuk Angin dan Memperbaiki Imun Tanpa Obat? Lakukan 7 Cara Cospleng Ini

Keluhan masuk angin tergolong viral infection self limiting disease atau infeksi ringan karena virus yang sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

TIMES Indonesia
Minum air 

SURYA.co.id – Dokter RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dr. Dien Kalbu Ady, menjelaskan masuk angin bukanlah suatu nama penyakit. Masuk angin hanya sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keluhan demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, dan perut kembung.

Gejala masuk angin sering muncul akibat menurunnya daya tahan tubuh, sehingga penderitanya rentan terinfeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Menurut dia, keluhan masuk angin tergolong viral infection self limiting disease atau infeksi ringan karena virus yang sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dengan cepat selain dengan obat:

1. Perbanyak minum air putih

dr. Dien menjelaskan asupan cairan yang cukup dapat membantu mengontrol suhu tubuh dan meringankan demam pada tubuh.

Pastikan penderita masuk angin ini dapat minum air 8 gelas atau 2 liter per hari untuk memulihkan kesehatan. Sementara, para penderita masuk angin tak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh dan kopi karena memiliki efek diuretik.
Jika ingin minuman berasa untuk menghindarkan mual, lebih baik pilih jus buah atau makan makanan yang mengandung air.

2. Cukup beristirahat Penderita masuk angin sebaginya banyak beritirahat untuk memulihkan tenaga dan daya tahan tubuh. Di siang hari, sebaiknya Anda tidak banyak bergerak dulu. Sementara, pada malam hari, cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam.

3. Makan bergizi Makan makanan bergizi diperlukan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. dr. Dien menyampaikan, buah dan sayur adalah pilihan makanan yang tak boleh dilewatkan saat Anda dalam kondisi kurang sehat.

4. Memakai pakaian hangat dr. Dien menyampaikan, kondisi kedinginan bisa menurunkan sistem imun tubuh. Dalam kondisi daya tahan tubuh yang sedang melemah itu, berbagai jenis virus dan bakteri pada akhirnya gampang menyerang.
.
5. Menjaga kebersihan makanan
6. Jaga pikiran tetap positif
7. Memanfaatkan ramuan herbal Rimpang jahe. Minuman seduhan jahe bisa melegakan pernapasan dan tenggorokan orang yang sedang masuk angin.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved