Ini 5 Cara Gampang Usir Rasa Pedas yang Kelewatan Nendang, Satu Diantaranya Kunyah Nasi

Sekarang silakan mencoba. Atau siapkan dulu satu diantara 5 bahan pengusir pedas itu sebelum anda menyantap makanan pedas.

pixabay
Ilustarsi sambal 

SURYA.co.id - Terkadang orang menikmati sambal hingga kelewat pedas, hingga merasa hilang kenyamanannya. Kalau sudah begitu, sebaiknya anda coba cara ini untuk menetralkannya.

1. Minum susu

Melansir Buku Health Secret of Pepper (2012) oleh Lanny Lingga, Ph.D, susu yang mengandung protein susu (casein) terbukti efektif menghilangkan sensasi panas akibat capsaicin.

Susu segar lebih efektif untuk melaturkan capsaicin dibanding susu bubuk. Tapi, jika tidak memilikinya, Anda dapat mengganti susu segar dengan larutan susu bubuk full cream.

2. Segera kunyah nasi atau roti

Melansir Buku Pintar Ibu Rumah Tangga (2011) oleh Nailul HD dan Rahmalia Agustina, cara lain yang juga ampuh untuk mengatasi rasa pedas dengan cepat adalah segera mengunyah makanan yang mengandung zat tepung, seperti sekepal nasi atau sepotong roti tawar.

3. Konsumsi gula

Melansir Buku 1001 Makanan Sehat (2015) oleh Tim Naviri, memakan satu sendok gula bisa menghilangkan sensasi pedas di lidah dengan cepat.

Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi panas pada lidah. Gula dapat juga menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah.

4. Minuman asam
Melansir Buku Selera Pedas Paling Diminati (2014) oleh Andie & Hadi, air jeruk, lemon, atau jus tomat cukup ampuh menghilangkan pedas dengan cepat karena rasa asam yang dihasilkan dapat membantu menghilangkan senyawa capsaicin dari cabai.

5. Manfaatkan garam Melansir Buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit (2013) oleh Windya Novita, jika terganggu dengan rasa pedas yang berlebihan, bubuhkan sedikit garam pada bagian bawah lidah Anda. Rasa pedas pun akan berkurang dan hilang.

Nah sekarang silakan mencoba. Atau siapkan dulu satu diantara 5 bahan pengusir pedas itu sebelum anda menyantap makanan pedas.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved