Virus Corona di Surabaya

Pemkot Surabaya Mulai Operasikan Alat Laboratorium PCR Bantuan BIN untuk Swab Test

Sejak kemarin, Pemkot Surabaya sudah mulai mengoperasikan laboratorium tersebut untuk melakukan swab test.

Foto Istimewa
Pemkot Surabaya mulai mengoperasikan laboratorium untuk swab test 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Bantuan alat laboratorium PCR dari Badan Intelijen Negara (BIN) mulai dimanfaatkan Pemkot untuk menguji sampel swab test.

Pemkot sementara meminjam ruangan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya untuk meletakkan alat PCR itu dan membuat lab sendiri.

Itu bakal menjadi solusi cepatnya penanganan selepas mobil lab PCR bantuan dari BIN dan BNPB yang memang tidak bisa terus berada di Surabaya.

Pemkot sudah berkoordinasi dengan BBTKLPP, untuk meletakkan alat lab tersebut.

"Saya sudah ketemu dengan Kepala BBTKLPP. Beliau mengatakan, sehari bisa seribu sampel, karena ini masih baru, tidak bisa langsung segitu,” kata Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya M Fikser, Kamis (4/6/2020).

Sebelum laboratorium PCR ini digunakan, Fikser mengatakan pihaknya sudah melakukan uji validasi terlebih dahulu untuk memastikan pemeriksaan tersebut benar-benar valid.

Sejak kemarin, Pemkot Surabaya sudah mulai mengoperasikan laboratorium tersebut untuk melakukan swab test.

Sudah ada ratusan sampel yang dikirimkan ke BBTKLPP tersebut untuk dilakukan tes.

Fikser mengungkapkan, mekanisme dan hasil pemeriksaan di lab PCR yang baru dioperasikan itu tidak jauh berbeda dengan bantuan mobil lab dari BIN.

Untuk hasil esktraksi membutuhkan waktu selama 45 menit dan hasil pemeriksaan PCR-nya butuh waktu sekitar 2-4 jam setiap sampelnya.

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved