Persik Kediri

Pelatih Persik Kediri Isi Waktu Libur dengan Berbagi Ilmu Pengembangan Sepak Bola Melalui Youtube

Joko Susilo itu menyibukkan diri berbagi tentang pengembangan sepak bola usia dini melalui akun YouTube.

Kompas.com
Joko Susilo, pelatih Persik Kediri memiliki kesibukan bagikan ilmu sepak bola melalui YouTube 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo memiliki cara tersendiri tetap bisa tampil produktif mengisi waktu luang selama libur panjang kompetisi Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19.

Selain menyusun program tim dan membuat modul pengembangan sepak bola usia dini.

Terbaru, Joko Susilo itu menyibukkan diri berbagi tentang pengembangan sepak bola usia dini melalui akun YouTube.

Sayang, pelatih asal Cepu, Jawa Tengah itu mengisi contain itu tidak di akun pribadinya.

"Kemarin ada temen yang minta supaya saya mengisi di youtube-nya, Pustaka Bola, tentang kepelatihan," terang Gethuk pada Surya, Kamis (4/6/2020).

"Karena saya juga pengennya sharing atau berbagi dengan saudara-saudara saya di SSB, saya dengan senang hati memberikan itu," tambannya.

Sharing yang diberikan, kata Gethuk, bersifat aplikatif sederhana yang ia susun berdasarkan pengalaman pribadi saat masih menjadi pelatih akademi Arema.

Sebagian lagi ia dapat dari proses kursus AFC Pro yang sudah ia ikuti.

"Itu bentuk saya berbagi dengan pelatih SSB, karena sasaran saya memang mereka. Mereka adalah pahlawan sejati, karena secara materi mereka sedikit sekali," ucap pelatih 49 tahun itu.

Apalagi, Gethuk sampaikan, pelatih SSB sebagai ujung tombak pembinaan, terkadang jasanya diabaikan jika pemain didikannya sudah berhasil.

"Kalaupun nanti ada pemain berhasil, dinilai bukan mereka yang berhasil, tapi pelatih-pelatih yang di atas, padahal mereka yang mendasari. Karena rasa respect itu saya ingin berbagi," katanya.

Gethuk sengaja tak memilih mengisi waktu dengan menggeluti dunia usaha seperti kebanyakan pelaku sepak bola di tengah pandemi ini.

Apalagi dunia usaha baginya bukan hal baru. Sejak masih menjadi pemain, Gethuk sampaikan sudah menggeluti dunia usaha, meskipun belum berhasil.

"Mulai dari pemain sudah di dunia usaha, cuma gak berhasil-berhasil," ucapnya sambil tersenyum.

"Ke depan tetep di jalur sepak bola, di jalur kepelatihan dan instruktur serta coaching clinic tentang sepak bola," pungkas Gethuk.

Penulis: Khairul Amin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved