Breaking News:

Citizen Reporter

Pelaku UKM di Kampung Kue Didorong dan Dibantu Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk

Sebagian dari pelaku usaha memang sudah memiliki media sosial untuk memasarkan produknya. Tetapi terdapat beberapa pelaku usaha juga yang kurang aktif

ist/citizen reporter
Diskusi antara mahasiswa UKDC Surabaya dengan pemilik salah satu UKM di kampung kue di Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masih banyak para pelaku Usaha Kecil Menegah menganggap bahwa pemasaran hanya sekedar berjualan saja, padahal pengertian pemasaran belum tentu hanya berjualan.

Secara umum pemasaran yang dimaksud adalah strategi bagaimana cara pelaku usaha dalam memasarkan dan menambah nilai jual suatu produk.

Di tengah persaingan yang ketat, setiap UKM harus memiliki keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing atau pelaku usaha lainnya.

Inilah yang menjadi bahan diskusi antara mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya dengan para Pelaku usaha di Kampung Kue yang terletak Kampung Rungkut Lor II, Surabaya.

Mereka berdiskusi tentang bagaimana cara memasarkan produk agar menjadi lebih mudah dikenali konsumen dan dapat menunjukkan keunggulan dan ciri khas kue yang mereka pasarkan.

Kesimpulannya, ada beberapa cara yang dilakukan  untuk memasarkan produk pelaku usaha di Kampung kue yaitu, pemasaran melalui media online (sosial media), melalui brosur, dan melalui katalog untuk Kampung Kue sendiri.

Sebagian dari pelaku usaha memang sudah memiliki media sosial untuk memasarkan produknya. Tetapi terdapat beberapa pelaku usaha juga yang kurang aktif dalam melakukan postin g dan masih tercampur antara sosial media khusus untuk pemasaran produk dan akun pribadi.

”Mau bagaimana lagi mas, saya kurang mengerti bagaimana cara melakukan promosi melalui media sosial,” ujar Bu Ana salah satu pelaku usaha.

Oleh karena itu mahasiswa UKDC membantu dan memberikan  solusi kepada pelaku usaha agar pemasaran dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen.

UKM akan sulit berkembang jika pelaku usaha kurang memahami bagaimana cara memasarkan produk mereka secara tepat, maka pelaku usaha harus bisa melakukan komunikasi kepada konsumen mengenai produk yang dihasilkan, seperti kelebihan dan kualitas produknya

Dengan strategi pemasaran UKM yang baik dan terencana, akan membuat aktivitas pemasaran berjalan dengan lebih efektif. Sehingga tidak menutup kemungkinan sebuah UKM akan berkembang pesat.

Penulis : Alfredo Ramayuda & Timotius Kevin, Mahasiswa UKDC Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved