Berita Jember

Kabupaten Jember Terbanyak Pengisi Sensus Penduduk Online (SPO) di Jatim

Berdasarkan data dari BPS Jawa Timur, Kabupaten Jember menempati jumlah terbanyak atau peringkat pertama penngisi SPO di Jawa Timur.

surya.co.id/sri wahyunik
Kepala BPS Jember Arif Joko Sutejo 

Surya.co.id |JEMBER - Sebanyak 733.087 warga Jember berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020.

Berdasarkan data dari BPS Jawa Timur, Kabupaten Jember menempati jumlah terbanyak atau peringkat pertama di Jawa Timur dalam jumlah penduduk yang mengisi SPO.

Keluarga yang berpartisipasi mencapai 193.302 keluarga. Kepala BPS Jember Arif Joko Sutejo mengucapkan terimakasih atas tingginya partisipasi warga Jember dalam mengisi SPO.

"Kami sangat mengapresiasi, dan berterimakasih kepada masyarakat Jember yang telah berpartisipasi di SPO tahun 2020. Ini atas kerjasama baik dengan stakeholder, baik di Pemda Jember, juga sejumlah instansi, dan sekolah," ujar Arif, Kamis (4/6/2020).

Arif menegaskan, SPO tahun 2020 ini sekaligus menjadi edukasi untuk masyarakat. Karenanya, kenapa dalam SPO ini juga menggandeng pihak sekolah, yakni melibatkan murid dan walimurid.

"Karena ke depan memang teknologi ini yang dipakai. Sensus penduduk secara daring akan terus dilakukan. Dan ternyata saat ini ada pandemi Corona, jadi sangat cocok sensus dilakukan secara online. Belum lagi dengan perkembangan revolusi industri 4.0," imbuh Arif.

Arif menambahkan pencapaian tersebut adalah hasil dari kerja sama beberapa pihak dan koordinasi awal dengan pemerintah daerah. Sosialisasi SPO yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember menjadi efektif sehingga mencapai peringkat pertama se-Jawa Timur.

Masyarakat yang belum mengikuti SPO, lanjutnya, direncanakan akan didata atau dicacah pada bulan September 2020 dengan menggunakan metode baru yang memperhatikan sosial atau physical distancing dan menunggu mekanisme dari BPS pusat.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved