Virus Corona di Surabaya

Jawaban Poliklinik BIN tekait Keraguan Netizen soal Kebersihan Sarung Tangan Petugas Rapid Test

Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) melakukan tes di beberapa tempat.

surya.co.id/tony hermawan
Petugas melakukan penyemprotan di tengah ratusan warga mengantre rapid tes dan tes swab massal yang diselenggarakan Pemkot dan Badan Intelijen Nasional (BIN) di Masjid Al-Akbar Surabaya, Rabu (3/6/2020). 

SURYA.CO.ID| SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) melakukan tes di beberapa tempat.

Hari ini, hari kelima, salah satunya diselenggarakan di Masjid Al-Akbar Surabaya, Rabu (3/6/2020).

Kegitan tersebut ramai diperbincangkan di media sosial.

Namun, ada salah satu warganet mempertanyakan kebersihan sarung tangan petugas medis saat melakukan rapid tes massal di Surabaya.

 “Min tanya dong itu sarung tangan petugasnya setiap periksa orang itu ganti gak sih..? Kok parno yah aku,” kata warganet di kolom komentar salah satu akun twitter.

Menanggapi hal itu, dr Sri Wulandari Kepala Poliklinik BIN menerangkan, sarung tangan tidak perlu diganti jika tidak terkena bercak darah.

 “Kemarin ada yang ngomong ke saya soal pertanyaan itu, jadi sarung tangan itu kalau kena darah, baru kami ganti,” kata Sri Wulandari, saat ditemui di area sisi barat Masjid Al Akbar Surabaya, tempat dia melakukan tes massal, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, virus covid-19 tidak bisa menempel pada sarung tangan. Sebab, sebelum warga melakukan rapid tes, diharuskan terlebih dulu mencuci tangan.

 "Orang yang mau diperiksa itu kami minta cuci tangan dulu. Artinya sudah bersih kan, lah itu baru bisa kami periksa," ucapnya.

Sementara untuk memastikan kebersihannya, tenaga medis juga diwajibkan selalu menggunakan hand sanitizer sebelum melakukan rapid tes. Bahkan sering kali, kata Sri Wulandari, petugas mengganti sarung tangannya, setelah menangani lima orang. 

 “Biasanya setelah periksa lima orang kami ganti kok. Tapi tergantung juga kalau robek atau kena bercak darah ya gak nunggu lima kali langsung kami ganti,” jelasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved