Berita Surabaya

35.152 CJH Jatim Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini, Bisa Ajukan Permohonan Pengembalian BIPIH

Calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini bisa mengajukan pengembalian setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH)

SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi - calon jamaah haji (CJH) bersiap terbang menuju tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - 35.152 Calon Jamaah Haji (CJH) Jawa Timur batal berangkat ke tanah suci tahun 2020. Jumlah itu terbagi dari kuota tahun berjalan (34.516), prioritas lansia (353), Pembimbing KBIHU (47) dan Petugas Haji Daerah (236).

Dikatakan Kakanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi, bagi CJH yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) akan diberangkatkan pada tahun 2021 M/1442 H.

"Setoran BIPIH yang sudah lunas akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dan, nilai manfaat yang didapatkan akan diberikan penuh oleh BPKH kepada jamaah," ujarnya, Senin, (2/6/2020).

Jamaah haji juga dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan BIPIH secara tertulis kepada Kepala kantor kemenag kabupaten/kota dengan menyertakan bukti setoran lunas BIPIH, bukti buku tabungan yang masih aktif atas nama jamaah yang bersangkutan dan memperlihatkan aslinya, fotocopy KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Sehubungan dengan pembatalan ini, maka Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 tahun 2020 ini akan dijadikan dasar untuk proses-proses selanjutnya," tambahnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved