Berita Surabaya

Cara Unair Sambut New Normal dalam Perkuliahan Mahasiswanya Selama Pandemi Covid-19

Universitas Airlangga (Unair)mulai mempersiapkan dosen dalam menyusun bahan ajar dengan tatanan baru untuk mahasiswanya.

sulvi sofiana/surya
Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mulai mempersiapkan New Normal di tengah pandemi Covid-19 ini 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya penataan baru yang digagas pemerintah atau yang popoler disebut New Normal di tengah pandemi Covid-19 ini mulai ditanggapi Perguran Tinggi (PT) di Surabaya.

Universitas Airlangga (Unair), misalnya. Kampus yang saat ini dipimpin Prof Mohammad Nasih ini mulai mempersiapkan dosen dalam menyusun bahan ajar dengan tatanan baru untuk mahasiswanya.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Mohammad Nasih mengungkapkan, sejumlah agenda yang dalam waktu dekat akan dilakukan.

Diantaranya penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Juli 2020 mendatang. Kemudian jalur mandiri pada Agustus 2020 dan perkuliahan akan dimulai pada September mendatang.

"Beberapa mata kuliah dilakukan secara online. Sedangkan mata kuliah yang tidak bisa dilakukan secara online akan diatur prosedurnya mulai dari tempat duduk dan banyak hal lainnya," jelas Nasih.

Kesiapan Unair ini tentu menjadi bagian penting bagi kampanye penerapan New Normal atau tatanan baru yang nantinya menjadi rutinitas baru.

Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof Soetojo menambahkan, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk menunjang pembelajaran dengan pola yang baru, seperti kuliah daring.

“Proses pembelajaran di FK UNAIR tentunya akan balik lagi seperti semula namun tidak sepenuhnya sama,” ujarnya.

Peraturan khusus juga dirancang untuk praktikum. Jika selama ini pembelajaran di laboratorium itu berdekatan, nantinya akan diatur jaraknya.

Dalam hal ini tentu saja harus menambah sarana dan prasarana atau minimal mengatur jadwal mahasiswa agar tidak terlalu berlebihan dalam satu laboratorium.

“Nanti pas New Normal, akan dipadukan antara daring dan tatap muka. Dengan cara itu mahasiswa FK Unair akan lebih banyak mendapatkan hal-hal baru,” tambah Soetojo.

Pernyataan Soetojo ini didukung juga dengan laporan seluruh departemen yang ada di FK Unair selama pandemi ini, bisa menjalankan proses pembelajaran dengan lancar, bahkan pembelajaran daring dinilai jauh lebih efektif dan efisien.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved