Virus Corona di Surabaya

Pemkot - BIN Kompak Gelar Rapid Test Massal di Surabaya, Percepat Penanganan Covid-19

Terima kasih pak Kepala BIN Budi Gunawan, terima kasih pak Sesma (Komjen Pol Bambang Sunarwibowo). Terus terang bantuan ini sangat penting.

Sugiharto
Warga antre untuk rterapidst massal di samping mobil lab bantuan BIN di Jalan Gresik, Sabtu (30/5/2020). 

SURYA.CO.ID I SURABAYA -

Badan Intelejen Negara (BIN) mendukung penuh percepatan penanganan pandemi Corona di Surabaya. Pemkot Surabaya dan BIN kompak saling dukung demi percepatan penuntasan penyebaran covid-19 di Kota Pahlawan ini.

Salah satunya adalah dengan massif menggelar rapid test sekaligus Swab hingga ke kampung-kampung. Seperti yang dilakukan, Sabtu (30/5) dengan menggelar tes yang sama di halaman Ruko Citi9 di Kampung Krembangan.

Sebelumnya kegiatan rapid test digelar di Gedung Siola, Sabtu tadi tes yang sama dengan membawa mobil lab menyasar warga Krembangan di area Ruko City9 Jalan Gresik Surabaya. Lebih dari 200 warga dites Corona massal.

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo, mengatakan jika perhatian BIN terhadap penanganan Covid ini terbagi menjadi dua skala prioritas daerah yakni DKI Jakarta dan Jatim terutama Surabaya.

"Surabaya ini menjadi salah satu sasaran kami selain DKI, karena Jatim nomor urut kedua yang jumlah terkena Covid-19 dengan jumlah yang cukup banyak. Data kemarin itu sekitar 4.414 kasus positif yang 50 persennya terdata di Surabaya," kata Bambang.

BIN dan Pemkot Surabaya menargetkan 800 orang yang akan dirapid test. Jika rapid test tersebut mengindikasikan reaktif, maka petugas langsung melakukan tes Swab.

Dari data sebelumnya, BIN bersama Pemkot Surabaya menemukan 230 kasus reaktif dari sekitar 600 peserta, dan di antaranya 78 positif Covid 19 setelah tes Swab.

"Melihat angka yang terus bertambah, maka dari itu kami berencana mengirim alat bantuan lagi untuk mengakomodasi jumlah warga yang akan dilakukan tes," tandas Bambang.

Langkah ini diambil agar dapat dipetakan zona-zona mana saja yang penyebarannya tinggi sehingga berdampak pada pengambilan langkah-langkah untuk penanganan Covid 19 di Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Firman Rachmanudin
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved