Berita Surabaya

Kuliah Umum Online UK Petra Bahas Kebijakan Fiskal Pasca Pandemi Covid-19

Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, pengusaha, dan konsultan pajak

Foto Istimewa
Kuliah Umum Bertema Arah Kebijakan Fiskal (khususnya pajak) setelah pandemi COVID-19 yang digelar Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra (UK Petra), Kamis, (28/5/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar kegiatan kuliah umum online mengangkat tema Arah Kebijakan Fiskal (Khususnya Pajak) setelah Masa Pandemi COVID-19.

Kuliah umum ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting bersama narasumber seperti Febrio Nathan Kacaribu SE MIDE PhD, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis, (28/5/2020).

Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, pengusaha, dan konsultan pajak yang tergabung dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia cabang Surabaya.

Pria kelahiran Sidikalang Sumatera Utara ini juga mengepalai unit pembuat kebijakan fiskal, langsung di bawah koordinasi Menteri Keuangan, yang tentunya punya peranan penting dalam membangkitkan kembali ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19.

Febrio menjelaskan beberapa hal dalam kesempatan kuliah umum kali ini, yaitu tentang kebijakan fiskal (insentif pajak) sebagai bagian dari mitigasi pandemi COVID-19 dan arah besar ketentuan pajak serta kebijakan fiskal untuk institusi pendidikan.

“Saat ini pemerintah menyediakan fasilitas berupa insentif perpajakan, mulai dari PPh 21 DTP, PPh Final untuk UMKM, pembebasan PPh 22 impor, pengolahan angsuran PPh 25, pengembalian pendahuluan PPN, penurunan tarif PPh Badan, lalu cadangan dan stimulus lainnya, semua jumlahnya mencapai 123 Triliun," kata Febrio.

"Kami ingin sekali mensosialisasikan ini kepada masyarakat, supaya sebanyak mungkin masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini," imbuhnya.

Sementara itu, Agus Arianto Toly, SE MSA Ak BKP CFP® CA, selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UK Petra mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun awareness mahasiswa dan juga masyarakat mengenai arah kebijakan pemerintah setelah pandemi COVID-19 berakhir.

"Melalui kegiatan ini kami berharap ada sinergi yang harmonis antara akademisi dan pembuat kebijakan fiskal sehingga Universitas Kristen Petra bisa memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian bangsa di kemudian hari," pungkasnya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved