Berita Surabaya

Aplikasi idealLife Atasi Dampak Covid-19, Fiturnya Pelatihan Kerja Sampai Wirausaha Sukses

idealLife sangat memungkinkan dapat menyejahterakan masyarakat yang seimbang dengan mengatasi dampak Covid-19.

Zainal Arif
Mukahmmad Rafiq Muzakki, mahasiswa D4 Jurusan Teknik Informatika menunjukkan hasil software IdealLife. 

SURYA.CO.ID I SURABAYA -

Pandemi Corona berdampak besar bagi masyarakat hingga mengguncang perekonomian. Mulai sisi konsumsi, produksi di beberapa sektor di Indonesia terutama pada sektor kesehatan, ekonomi, dan ketenagakerjaan.

Disisi lain, Covid-19 juga membuat kegiatan belajar-mengajar dan produktivitas masyarakat menjadi terhambat. Jumlah lapangan kerja menurun, jumlah PHK (Pemutusan Hubungan kerja) dan jumlah pengangguran meningkat.

Situasi itu mendorong Mukahmmad Rafiq Muzakki, Rafly Arief Kanza, dan Andrew Anggada, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menghadirkan sebuah solusi inovasi yang diciptakan berupa aplikasi idealLife.

Aplikasi idealLife merupakan sebuah platform pelayanan yang mengacu dalam mitigasi dampak Covid-19. Tujuan utama aplikasi ini untuk mengatasi dampak Covid-19 terutama pada bagian kesehatan, pendidikan dan pengangguran.

Ketua Tim, Mukahmmad Rafiq Muzakki menjelaskan, aplikasi idealLife ini difokuskan pada 3 bagian utama. Yakni informasi dan pendidikan mengenai kesehatan terutama Covid-19, pelatihan skill dalam bekerja, dan job portal yang terhubung dengan beberapa instansi ataupun para UKM yang mencari tenaga kerja.

"Pada setiap bagian, terdapat beberapa fitur layanan dari aplikasi idealLife untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Pada sector kesehatan dan perekonomian, dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas ketenagakerjaan di Indonesia terutama pada masa wabah Covid-19," kata Rafiq, Jumat (29/5).

Pada bagian kesehatan, idealLife menyediakan fitur pantau kesehatan. Didalamnya terdapat layanan infomasi-informasi kesehatan terkini dan layanan pantau kesehatan pribadi. Untuk mengatasi penularan wabah Covid-19, pada fitur kesehatan ditambahi dengan layanan update data penyebaran kasus Covid-19 dan layanan penyaring berita hoax terkait Covid-19.

Sementara itu, pada bagian pendidikan, idealLife menyediakan beberapa fitur seperti pelatihan kerja, sertifikasi kompetensi, dan wirausaha sukses. Pada fitur pelatihan kerja terdapat pembelajaran bagi calon tenaga kerja mengenai kurikulum pelatihan dunia kerja yang berkompeten dan membantu para calon tenaga kerja untuk bekerja secara ideal.

"Dalam fitur pelatihan kerja pengguna dapat melakukan pelatihan digital, seminar, dan track record pelatihan kerja. Pada fitur sertifikasi kompetensi dapat membantu para calon tenaga kerja untuk memperoleh sertifikasi kompetensi sesuai ketentuan pada aplikasi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved