Pilwali Surabaya 2020

Akademisi: Cak Machfud Punya Pengalaman Mumpuni untuk Pimpin Surabaya

Pakar sejarah Universitas Airlangga Dr Purnawan Basundoro menyebut jika figur Machfud Arifin mempunyai kemampuan untuk memimpin Kota Surabaya

Foto Istimewa
Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin 

SURYA.co.id - Pakar sejarah Universitas Airlangga Dr Purnawan Basundoro menyebut jika figur Machfud Arifin mempunyai kemampuan untuk memimpin Kota Surabaya. Dr Basundoro melihat jika pengalaman yang dimiliki oleh Machfud adalah modal untuk membawa Surabaya lebih maju.

Pengalaman yang dimiliki oleh Purnawirawan jenderal bintang dua itu memang tidak main-main. Tiga daerah pernah ia pimpin sebagai Kapolda, di antaranya Kalimantan Selatan, Maluku Utara dan terakhir Jawa Timur.

"Pak Machfud salah satu tokoh yang memiliki pengalaman yang cukup luas, kemampuan beliau dan pengalaman beliau pada masa lalu menurut saya itu menjadi salah satu modal untuk memimpin kota Surabaya," ujar Dr Basundoro.

Dr Basundoro pun menjelaskan jika Surabaya merupakan kota dengan sejarah yang besar. Surabaya juga merupakan salah satu kota terpenting yang ada di Indonesia.

"Di awal abad 20, kebesaran Surabaya melampaui kebesaran Kota Jakarta, yang waktu itu masih bernama Batavia," kata Dr Basundoro.

Dari sejarah besar yang dimiliki oleh Surabaya, Dr Basundoro mengatakan jika kota dengan julukan Kota Pahlawan ini juga butuh pemimpin yang memiliki segudang pengalaman. Pemimpin Surabaya tidak boleh hanya sekedar orang hanya menjalankan rutinitas kerja tapi harus punya plan yang luar biasa.

"Surabaya memiliki sejarah yang besar, juga berada di lokasi yang strategis, kota ini harus dipimpin oleh figur dengan pengalaman yang luas, seperti Pak Machfud," ujar Dr Basundoro.

"Butuh orang yang mumpuni yang memiliki pengalaman global, bukan hanya lokal, agar Surabaya tetap menjadi kota yang penting untuk Indonesia," imbuhnya.

Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved