Breaking News:

Citizen Reporter

Mahasiswa UKDC Surabaya Dukung Upaya Pemasaran yang Lebih Kuat di Kampung Kue Rungkut Lor

Kampung Rungkut Lor II di Surabaya dijuluki kampung kue. Di sana pula, upaya-upaya untuk mengurangi pengangguran dan menggerakkan perekonomian rakyat.

foto:dok pribadi
Sejumlah mahasiswa UKDC (Universitas Katolik Darma Cendika) Surabaya saat menggelar pertemuan dengan warga. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampung Rungkut Lor II di Surabaya dijuluki kampung kue. Di sana pula, upaya-upaya untuk mengurangi pengangguran dan menggerakkan perekonomian rakyat kecil dilakukan.

Di kampung itu bahkan sudah ada induk semang yang mampu mengekspor produknya hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Hongkong, Thailand, dll. Itu merupakan salah satu kebanggan tersendiri bagi komunitas di UMKM ini.

Namun sayang, masih banyak para UMKM yang belum mendesain bisnisnya dengan baik.

Chairul Mahpuduah, salah satu penggagas kampung kue mengatakan bahwa alam memasarkan sebuah bisnis, kita memerlukan berbagai macam media.

“Salah satunya adalah Brosur. Brosur dibutuhkan karena banyak calon pembeli yang ingin tahu apa saja produk yang di jual. Mayoritas UMKM di kampung kue pun belum memiliki media pemasaran ini,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, melalui program KKN dan pengabdian masyarakat, mahasiswa UKDC (Universitas Katolik Darma Cendika) Surabaya mengambil inisiatif untuk merancang isi brosur bersama dengan warga dan induk semang yang telah ditentukan.

Hasilnya pun mendapat sambutan yang cukup baik, warga antusias karena mendapat ide media pemasaran yang baru.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan wawancara oleh masing masing induk semang yang ditentukan.

Dalam brosur tersebut, warga memikirkan apa saja visi misi usaha tersebut, latar belakang mendirikan usaha, dan produk apa saja yang akan dicantumkan.

Dengan adanya hal ini diharapkan dapat membantu agar Induk semang di Kampung kue dapat memiliki beragam media pemasaran. Tidak hanya berfokus kepada lini online, namun juga berfokus kepada lini offline.

Penulis: Aldo, Mahasiswa UKDC Surabaya

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved