Persik Kediri

Persik Kediri Usulkan Liga 2020 Dihentikan, Diganti Turnamen Nonresmi

Persik Kediri telah mengikuti rapat virtual dengan PSSI. Rapat diikuti klub Liga 1 dan perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

surya.co.id/didik mashudi
Abdul Hakim Bafagih (tengah) bersama mantan manajer Persik Benny Kurniawan (kiri) dan Sekretaris Umum Persik Arif Priyono. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Persik Kediri telah mengikuti rapat virtual dengan PSSI. Rapat diikuti klub Liga 1 dan perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu membicarakan soal kelanjutan kompetisi musim 2020, Rabu (27/5/2020).

Dalam rapat bersama PSSI, Presiden Klub Persik Abdul Hakim Bafagih telah mengusulkan penghentian liga secara total dan menggantinya dengan turnamen nonresmi

“Kalau memang terpaksa dilanjutkan, kami usulkan ada turnamen yang digelar di bulan November sampai Desember 2020,” jelasnya.

Hakim juga memberikan banyak masukan jika turnamen tersebut jadi diselenggarakan. Yang pertama, Persik menginginkan jumlah pertandingan setiap klub harus merata. “Jangan sampai seperti Piala Presiden sebelumnya yang tidak rata,” ungkapnya.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah soal siapa yang berhak menjadi operator turnamen. 

Hakim menilai, PT LIB sebagai operator Liga 1 sedang tidak baik kondisi keuangannya. Itu terlihat saat rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 18 Mei lalu.

Sehingga Hakim menyarankan perlu mencari operator yang benar-benar siap dengan format turnamen. Mereka harus memberikan penyangga untuk klub-klub yang mengikutinya.

“Karena kalau ada pertandingan, ada hak yang diberikan kepada pelatih, pemain dan ofisial,” ujarnya.

Sementara jika mengandalkan anggaran pemerintah pusat, menurut Hakim, itu sangat berat di tahun ini. Di masa pandemi Covid-19, ada penyesuaian anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Dari Rp 1,7 triliun, sekitar Rp 564 miliar sekitar 33 persen dikembalikan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dan dari sisa Rp 1,173 triliun, sebesar Rp 87,5 miliar untuk refocusing penanganan pandemi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved