Berita Surabaya

Halangi Pergerakan Arus Balik Warga Jatim ke Jakarta, Polda Jatim Perketat 8 Titik Perbatasan

Polda Jatim memperketat delapan titik perbatasan guna mengantisipasi adanya arus balik pasca Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

SURYA.CO.ID/Luhur Pambudi
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Polda Jatim memperketat delapan titik perbatasan guna mengantisipasi adanya arus balik pasca Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Mobilitas warga yang akan diantisipasi pergerakannya adalah arus balik warga Jatim yang akan kembali ke Jakarta.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan upaya tersebut masih dalam Operasi Ketupat Semeru 2020 yang telah dipastikan bakal ditambah masa operasinya hingga Minggu (7/6/2020) mendatang.

“Operasi Ketupat Semeru diperpanjang sampai 7 Juni,” katanya, Kamis (28/5/2020).

Trunoyudo menuturkan, sebelumnya petugas mencegah arus pemudik yang datang dari luar Jatim terutama Jakarta. Kini sebaliknya, petugas yang akan mencegah warga Jatim yang akan kembali ke daerah rantauannya.

"Sebelum jalan jauh menuju ke Jakarta, ke Jabar dan Jateng, maka penyekatan tetap di titik yang sudah disiapkan,” paparnya.

Pola operasinya sama, ungkap Trunoyudo, pengendara atau penumpang akan diperiksa kondisi kesehatannya sesuai Protokol Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19), seperti pengecekan suhu tubuh. Setelah itu diperiksa keperluan perjalanannya.

“Akan kami sampaikan juga, bahwa di Jakarta akan kesulitan karena akan diminta surat izin keluar masuk (SIKM) di wilayah Jakarta. Dari pada menyulitkan di Jakarta, lebih baik di sini sudah bisa kembali (putar balik),” pungkas mantan Kapolres Purwakarta itu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tak akan memudahkan para pemudik untuk kembali ke wilayah Ibukota.

Dikutip dari TribunWow.com, Anies Baswedan menyebut pemudik yang akan kembali ke Jakarta harus memenuhi syarat tertentu.

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved