Video Cekcok Petugas PSBB Surabaya

Video Viral Cekcok Habib Umar Assegaf dengan Petugas PSBB Surabaya, Tim Cyber Crime Ikut Selidiki

Seiring viralnya video tersebut ternyata dibarengi pula dengan munculnya beragam distorsi informasi atas insiden tersebut.

Foto Istimewa
Viral video Habib Umar Abdullah Assegaf adu mulut dengan dengan sejumlah petugas berseragam polisi dan satpol PP di Pos Check Point Exit Tol Satelit Surabaya, Rabu (20/5/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Anggota Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan patroli cyber di media sosial pasca video percekcokan Habib Umar Abdullah Assegaf dengan anggota Satpol PP Surabaya viral di media sosial, Rabu (20/5/2020).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, seiring viralnya video tersebut ternyata dibarengi pula dengan munculnya beragam distorsi informasi atas insiden tersebut.

Temuan itu mengindikasikan diunggahnya konten video berdurasi tak lebih dari tiga menit itu di media sosial hingga viral seperti saat ini, diduga ada pihak ketiga yang sengaja 'mempermainkan'.

"Ada pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini atau memperkeruh atau mendompleng atau memboncengi kejadian-kejadian ini," katanya di Mapolda Jatim, Jumat (22/5/2020).

Bagi Trunoyudo, hal itu bisa ditengarai dari akun media sosial yang turut menyebarkan video tersebut.

Temuannya, kebanyakan akun tersebut tidak memiliki kaitan langsung secara teritori kewilayahan dengan Kota Surabaya dan Provinsi Jatim.

Dan juga tidak berkaitan langsung dengan aspek kedekatan dengan kedua belah pihak Abdul Umar Abdullah Assegaf dan petugas Satpol PP Surabaya.

"Tidak ada kaitannya dengan Surabaya dan tidak ada kaitannya dengan kedua belah pihak ini," jelasnya.

Trunoyudo juga menambahkan, pihaknya akan lebih ketat dan awas dalam memonitoring akun media sosial yang sengaja memproduksi konten informasi dengan cara menyadur video percekcokan tersebut sehingga bertendensi pada framing informasi yang cenderung negatif.

Seperti konten informasi yang bersifat ujaran kebencian, SARA, provokasi, dan berita bohong.

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved