Berita Surabaya

Website PPDB Jatim Siaga 24 Jam

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Jatim telah memasuki pra pendaftaran

Surabaya.Tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dindik Jatim, Achmad Alfian Majdi menunjukkan laman pengisian rapor untuk mendaftar PPDB Jatim, Senin (4/5/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Jatim telah memasuki pra pendaftaran, yaitu pada tahap Verifikasi Nilai Rapor Oleh peserta didik dan Pembetulan Nilai Rapor oleh Kepala Sekolah SMP mulai 11 mei hingga 12 Juni 2020.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Alfian Majdi menjelaskan meskipun memasuki libur lebaran, tetapi website PPDB bisa diakses selama 24 jam oleh operator sekolah.

"Kami juga baru saja meluncurkan aplikasi pemantauan PPDB untuk Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Kota dan Kabupaten. Aplikasi ini untuk melihat sekolah mana saja yang belum menuntaskan pengisiaan data rapor siswanya,"urainya dikonfirmasi SURYA.CO.ID, Kamis (21/5/2020).

Dengn aplikasi tersebut, koordinasi antara Dindik Jatim dengan Dindik Kota dan Kabupaten yang menaungi tingkat SMP akan lebih mudah dan efisien.

"Jadi Cabdin bisa melihat sekolah di wilayah kotanya yang belum mengentri. Jadi bisa segera koordinasi dengan dindik daerahnya agar segera dituntaskan data siswanya,"ujarnya.

Sementara itu, di tingkat SD dan SMP negeri Kota Surabaya masih gencar dilakukan sosialisasi.

Kepala Dindik Kota Surabaya, Supomo pihaknya msih gencr melakukan sosialisasi dengn berbagai media daring di masa pandemi.

Bahkan semua peraturan yang berkaitan dengan PPDB di SD negeri sudah bisa dilihat secara langsung di ppdbsd.surabaya.go.id. 

Website yang sudah dibuka itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. 

"Khusus PPDB SD negeri, ada tiga jalur. Yakni, perpindahan tugas orang tua yang pendaftarannya dimulai pada 15 sampai 16 Juni. Kemudian, pendaftaran jalur zonasi dan inklusif dimulai pada 15 sampai 20 Juni,"paparnya.

Meskipun pendaftaran memang masih lama, dengan mempersiapkan sejak dini, warga tak mengalami kesulitan yang berarti kelak. 

’’Sudah ada tempat pengaduan bila diperlukan. Ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Juga bisa kirim e-mail,’’ ungkapnya.

Mulai tanggal 26 Mei 2020, dindik sudah mewajibkan adanya petugas piket di sekolah, sehingga orang tu yang belum paham secara daring dan ke sekolah bisa mendapat bantuan.

"Selama bukan tanggal merah, setiap sekolah ada yang piket. Baik di SD atau di SMP negeri, mereka ini yang bisa membantu jika ada calon peserta didik baru mau bertanya teknis PPDB,"pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved