Berita Surabaya

Nelayan di Medokan Ayu Surabaya Dapat Pelatihan Lauk Mandiri

Puluhan nelayan di Medokan Ayu Surabaya yang tergabung dalam paguyuban Sumber Rejeki mendapat pelatihan lauk mandiri, Rabu (20/5/2020)

surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Puluhan nelayan paguyuban Sumber Rejeki, Medokan Ayu mendapat pelatihan lauk mandiri, Rabu (20/5/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan nelayan di Medokan Ayu Surabaya yang tergabung dalam paguyuban Sumber Rejeki  mendapat pelatihan lauk mandiri, Rabu (20/5/2020).

Pelatihan pangan mandiri yang diadakan Yayasan Manarul Ilmi Institut Teknologi 10 Nopember dan komunitas Green Leaf ini sebagai upaya agar para nelayan sumber pangan sendiri jika hasil melaut kurang

Tri Sugianto, Direktur Pelaksana Green Leaf mengungkapkan dengan adanya pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang penghasilannya berkurang, salah satunya para nelayan.

"Makanya kami berikan edukasi lauk mandiri dengan budidaya Lele dalam satu wadah dengan kangkung,"urainya.

Sehingga, ke depan para nelayan jika tidak melaut akan lebih banyak di rumah dan bisa bercocok tanam.

"Para nelayan sudah terbiasa dengan ikan, dan kami edukasi untuk budidaya ikan. Pastinya mereka akan lebih antusias,"urainya.

Dengan edukasi ini, setiap rumah tangga nelayan bisa memanen Lele dan Kangkung setelah dua bulan pembiakan Lele dan dua minggu pembibitan Kangkung.

Tak hanya edukasi, 25 sembako dan lauk dibagikn pada nelayan. Serta 175 sembako dibagikan pada warga masyarakat Medokan Ayu.

Muhammad Wahyudi, Nelayan dari paguyuban Sumber rejeki, Medokan Ayu mengaku belum pernah menerima pelatihan budidaya seperti ini.

"Pastinya dengan dilatih seperti ini kami jadi bisa ada kepastian hidup tiap harinya kalau saat kami tidak bisa melaut,"urainya

Apalagi, lanjutnya, selama ini nelayan di kampung belum ada yang menerima bantuan dari pemerintah.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved