Citizen Reporter

Mahasiswa Bantu Mendata Warga Kenjeran Untuk Pengajuan Instalasi Jaringan PDAM

Data yang terhimpun selanjutnya akan diserahkan kepada PDAM Surya Sembada.

ist/citizen reporter
Mahasiswa UKDC Surabaya mendata keluarga di Kenjeran yang belum tersentuh fasilitas jaringan air dari PDAM. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kenjeran merupakan salah satu daerah di Surabaya yang terkenal dengan wisata baharinya.

Daerah ini memiliki banyak destinasi wisata. Di antaranya Pantai Kenjeran, Taman Suroboyo, Jembatan Suramadu, Wisata Kuliner Sentra Ikan Bulak dan masih banyak lagi.

Di balik popularitasnya, terdapat salah satu bagian daerah di Kelurahan Kedung Cowek Kenjeran, Surabaya yang ternyata masih kesulitan dengan ketersediaan air bersih.

Hal ini seperti dinyatakan oleh Samiadi Santoso, Ketua RW 02, Kelurahan Kedung Cowek Surabaya.

“Warga di RT saya ini, RT 04 RW 02 tepatnya di Gang Buntu A dan B masih ada yang belum terpasang instalasi jaringan PDAM, saya sebenarnya punya program untuk itu. Mungkin teman-teman dari UKDC bisa bantu saya untuk mendata”, ujarnya.

“Iya betul, kami belum ada jaringan PDAM dan kami berharap semoga segera terpasang agar kami tidak lagi kesulitan dalam memperoleh air karena selama ini kami membeli air dengan harga sepuluh ribu setiap 2 hari sekali dan untuk penggunaannya kami harus mengirit-irit” timpal salah satu warga. Katanya, membeli air dilakukan dengan memasangkan selang pada rumah warga yang sudah memiliki jaringan PDAM.

Oleh karena itu, Kelompok 4 Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya membantu warga untuk mewujudkan program tersebut dengan membantu mendata warga setempat yang kemudian diajukan pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Mahasiswa juga membantu memberikan petunjuk jalan besar gunanya untuk memberikan informasi kepada masyarakat luar apabila akan berkujunjung ke rumah warga di Cumpat Kulon Baru. S

Selain itu, bersama warga, mereka juga memasang papan nama untuk menunjukan Cumpat Kulon Baru Gang Buntu A.

Dari program ini diharapkan agar pemasangan instalasi jaringan PDAM segera terealisasi dan keresahan warga akan kurangnya ketersediaan air bersih dapat teratasi dengan adanya PDAM tersebut.

Samiadi Santoso menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Kelompok 4 Pengabdian Masyarakat karena telah membantu untuk mendata warga demi terealisasinya program tersebut.

“Terima kasih banyak atas bantuannya semoga program ini bisa cepat terealisasi”, ujarnya.

Penulis :  Devi Oktavia dan Damiana Fani, Mahasiswa UKDC Surabaya 

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved