Pilwali Surabaya 2020

Hari Kebangkitan Nasional, Cak Machfud Diskusi Virtual Bareng Tokoh-Tokoh Surabaya

Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin menggelar diskusi virtual bersama tokoh-tokoh Surabaya.

istimewa/dok pribadi
Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin menggelar diskusi virtual bersama tokoh-tokoh Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin menggelar diskusi virtual bersama tokoh-tokoh Surabaya. Diskusi tersebut merefleksikan signifikansi nilai kebangkitan nasional di tengah pandemi Covid-19.

Acara yang diikuti langsung oleh 100 peserta itu menghadirkan beberapa tokoh nasional seperti Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Akademisi Universitas Airlangga Dr Suko Widodo dan President of ICSB Chapter Surabaya Dr Meithiana Indrasari. Turut bergabung juga ketua dewan masjid Surabaya Arif Afandi, Ulama Surabaya KH Mujahid Anshori, akademisi Prof Dr Muzaki dan Pengusaha yang juga Youtuber Chandra Putra Negara.

Dahlan Iskan membuka diskusi mengenai arti dari kata bangkit yang mengaplikasikan hari kebangkitan Nasional.

"Kebangkitan asal katanya bangkit, bukan satu gerakan slow motion atau bukan biasa-biasa saja. Bangkit yang dimaksud adalah satu loncatan yang menimbulkan sisi antusiasme," kata Dahlan.

Terkait Corona, Dahlan mengingat jika musuh kita bukan lagi senjata tajam, bom, granat bukan juga nuklir.

Melainkan sebuah virus mematikan yang tidak kelihatan bentuknya dengan kasat mata.

"Musuh manusia bukan lagi nuklir, melainkan virus-virus yang tak kasat mata. Kelak akan ada Corona yg lebih baru lagi, mungkin lebih ganas lagi. Musuh terbesar di masa kemakmuran dan kedamaian adalah virus," kata Dahlan.

Oleh sebab itu, perihal Surabaya Dahlan menekankan jika kota tersebut butuh pemimpin yang selalu siap sedia menerima segala macam hal-hal yang sifatnya dadakan.

Menurutnya mitigasi perlu diperketat.

"Untuk selanjutnya pemimpin Surabaya harus orang yang mampu memperhitungkan persoalan ke depan. Seperti yang saya lihat ada pada figur Pak Machfud yang sudah pengalaman di kepolisian," imbuhnya.

Machfud memang sedang dicalonkan sebagai Wali Kota Surabaya untuk periode mendatang, pria yang saat ini sudah diusung oleh PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem dan Partai Golkar itu menyebut jika Dahlan merupakan salah satu yang mendorong dirinya maju pada pertarungan merebutkan kursi nomor satu di Surabaya itu.

"Pak Dahlan adalah salah satu figur yang mendorong saya maju di Pilwali Surabaya. Untuk saat ini kita dihadapkan pada situasi sulit. Covid-19 ini bukan hanya berdampak pada kesehatan, melainkan ekonomi, sosial dan keamanan," ucap Machfud.

Diskusi yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut berjalan begitu serius tapi juga banyak diselingi dengan candaan.

Pada kesempatan tersebut juga dibuka sesi tanya jawab antara narasumber dan para peserta yang berpartisipasi dalam diskus virtual tersebut.(*)

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved