Berita Surabaya

Polda Jatim Hentikan 3 Bus Travel Gelap Asal Jakarta di Tol Sumo, Angkut 113 Penumpang ke Bangkalan

Sebanyak tiga bus travel gelap bawa 113 penumpang menuju Bangkalan terjaring razia Petugas PJR Ditlantas Polda Jatim saat melintas

Polda Jatim
bus travel gelap yang terjaring razia Petugas PJR Ditlantas Polda Jatim saat melintas di Pos Check Point Tol Surabaya-Mojokerto, KM 740/A, Senin (18/5/2020) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak tiga bus travel gelap terjaring razia Petugas PJR Ditlantas Polda Jatim saat melintas di Pos Check Point Tol Surabaya-Mojokerto, KM 740/A, Senin (18/5/2020) malam. Berdasarkan catatan petugas anggota unit 309 PJR Jatim 3 Ditlantas Polda Jatim, ketiga bus itu berisi 113 orang penumpang.

Di antaranya, 86 orang kategori usia dewasa, 23 orang kategori usia balita, dan empat orang sisanya kategori usia anak-anak. Menurut Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim Kompol Dwi Sumrahadi, para penumpang itu merupakan warga biasa yang berangkat dari Jakarta dengan tujuan perjalanan ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jatim.

"Mereka itu cuma warga biasa dan memang mau pulang ke Madura bangkalan. Saya enggak tahu barengan (rombongan) atau enggaknya," katanya saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Selasa (19/5/2020).

Dwi mengatakan pihaknya melakukan serangkaian tahapan protokol pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dan dokumen kesehatan.

"Saya belum tahu hasilnya yang di sana. Kalau diperiksa suhu tubuh aman," jelasnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan itu, lanjut Dwi, rombongan kemudian dikawal oleh personelnya untuk diserahkan ke Posko Satgas Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim.

Kemudian, akan diserahkan dengan pengawalan penuh prosedur protokol Covid-19 ke pihak Posko Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Bangkalan.

Agar setibanya di Bangkalan, mereka akan ditindaklanjuti sesuai prosedur protokol pencegahan Covid-19; seperti mekanisme karantina selama 14 hari, sebagai pendatang dari kawasan yang terkategori Zona Merah.

"Tapi kami sudah menyerahkan ke Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jatim, untuk dihubungkan ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan," tuturnya.

Selain itu, Dwi mengungkapkan, pihaknya juga melakukan penyitaan terhadap tiga unit bus travel gelap bernopol B-7334-VGA, B-7287-VGA dan B-7129-VGA, itu.

Pasalnya, mereka melanggar sejumlah aturan, ulai dari tidak mengantongi izin menyelenggarakan angkutan orang sesuai trayeknya.

Seperti yang termaktub dalam Pasal 308 huruf a dan b. Bahwa Setiap orang yg mengemudikan kendaraan bermotor umum yg tdk memiliki izin menyelenggarakan angkutan orang dalam dan atau tidak dalam trayek.

Kemudian, melanggar Permenhub RI no. PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa mudik Idulfitri 1441 Hijriyah, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 dan pasal 3.

"Sementara sudah kami sita. Iya travel gelap. Kan enggak punya (surat). Kan udah ada beberapa yang dikasihkan izin kan itu," pungkasnya.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved