Berita Surabaya

PMI Surabaya Dapat 1.000 PRC Darah Selama 2 Hari Gelar Acara Donor Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memiliki stok darah lumayan banyak, yakni 1000 Pack Red Cell (PRC)

Surabaya.Tribunnews.com/Tony Hermawan
Warga Surabaya sdang melakukan donoh darah di PMI Surabaya. PMI Surabaya memiliki stok darah lumayan banyak, yakni 1000 Pack Red Cell (PRC) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memiliki stok darah lumayan banyak, yakni 1000 Pack Red Cell (PRC). Sebelumnya PMI mengalami kekosongan stok golongan darah A dan AB.

Jumlah sebanyak itu didapat lewat acara bagi-bagi reward ke pendonor darah bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang sudah berlangsung selama dua hari ini.

dr Martono Adi, Kepala Bagian Humas UTD PMI Kota Surabaya mengatakan, program tersebut yang akan berakhir pada Rabu (20/5), mendapat respon baik dari masyarakat.

"Animonya cukup tinggi sekali smasyarakat Kota Surabaya. Memang awalnya kami tidak menyangka banyak pendonor yang datang, soalnya waktu ini kan ada PSBB," kata dia saat ditemui di PMI Kota Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Kata Martono, dengan adanya tambahan stok baru itu, menurutnya cukup menyelamatkan jumlah persediaan darah
golong A dan AB yang sempat mengalami kekosongan selama sepekan.

"Iya kemarin sempat kosong selama seminggu dan ini Alhamdulillah sudah lumayan bisa teratasi. Contoh kemarin kita mendapat kurang lebih 850 kantong darah. Dan hari ini juga kemungkinan akan seperti itu," ungkap dia.

Martono menambahkan, pada hari kedua ini, pihaknya paling banyak mendapatkan golongan darah B. Jumlah Itu terlihat pada hasil rekapan sore ini (19/5), terdapat 197 PRC yang sudah didapat dari para pendonor.

Kendati demikian, meskipun sudah memiliki 1000 kantong darah bukan berarti stok tersebut bisa dikatakan aman.

"Jadi gini setelah satu minggu kemarin kita mengalami krisis, walaupun kami sudah dapat 1000 tapi yang musti keluar 800 Pack Red Cell (PRC) untuk mencukupi kebutuhan rumah sakit yang sempat tertunda," kata dia.

Sedangkan untuk mengatasi jumlah persediaan yang masih kurang, pihaknya akan kembali menggelar acara donor darah usai Hari Raya Idul Fitri 2020.

"Tanggal 21 sampai 25 Mei itu kan libur ya. Nah setelah itu, Insya Allah kami gerak lagi mau ngejadwal kegiatan donor darah," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam menyiasati terpenuhnya jumlah persediaan PRC, selama 18-20 besok, PMI Surabaya menggelar acara donor darah dengan membagikan gift ke para pendonor seperti jaket, kaos parcel sembako, atau paket makan ayam goreng dari restoran cepat saji bagi para pendonor.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved