Berita Malang Raya

Mudahkan Pembayaran Tagihan Air, PDAM Kota Malang Luncurkan E-Struk

Untuk memudahkan pembayaran tagihan, PDAM Kota Malang atau yang kini bernama Perumda Tugu Tirta melaunching E-Struk dan E-Invoice, Selasa (19/5/2020).

suryamalang/rifky edgar
Direktur Utama PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas saat menunjukkan alur pembayaran tagihan air PDAM melalui layanan E-Struk dan E-Invoice, Selasa (19/5). 

SURYA.co.id | MALANG - PDAM Kota Malang atau yang kini bernama Perumda Tugu Tirta melaunching E-Struk dan E-Invoice pada Selasa (19/5).

Kedua layanan elektronik tersebut diluncurkan dalam rangka mendukung pemerintah dalam menerapkan physical distancing.

Direktur Utama PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas menyampaikan bahwa layanan elektronik ini cukup memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan air PDAM.

Melalui layanan tersebut pelanggan PDAM Kota Malang akan mendapatkan notifikasi pembayaran dan besaran tagihan melalui Email.

"Jadi ini merupakan sosialisasi kami kepada masyarakat Kota Malang. Dan memperkenalkan masyarakat kepada layanan berbasis elektronik," ucapnya Selasa (19/5).

Langkah-langkah mengaktifkan layanan E-Struk dan E-Invoice ini pun cukup mudah.

Pertama pelanggan cukup mengisi email melalui isian catat mandiri di Website PDAM Kota Malang.

Kemudian pelanggan akan mendapatkan notifikasi pembayaran dan tagihan rekening air melalui email.

Apabila kesulitan, pelanggan bisa menghubungi call center PDAM ataupun Media Sosial PDAM Kota Malang.

"Jadi masyarakat tak perlu ke kantor PDAM untuk membayar tagihan. Cukup mendapatkan notifikasi dari Email dan pembayaran pun bisa dilakukan di bank ataupun di gerai-gerai supermarket," ucapnya.

Muhlas menyampaikan sudah ada pelanggan PDAM Kota Malang yang telah menggunakan E-Struk dan E-Invoice.

Hingga sampai saat ini, total sudah ada 10-20 persen dari total 178.000 pelanggan PDAM Kota Malang yang telah memanfaatkan layanan ini.

Diharapkan, layanan tersebut bisa berfungsi maksimal sembari mendukung aturan physical distancing guna menekan penyebaran Covid-19 di Kota Malang.

"Intinya kami ingin mempermudah masyarakat dalam membayar tagihan air. Dan layanan berbasis elektronik ini semoga bisa berjalan secara maksimal. Karena di tahun 2020 ini layanan kita sudah mulai berbasis elektronik," tandasnya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved