Breaking News:

Berita Kota Batu

217 CPNS Pemkot Batu Dilantik Jadi PNS Secara Online

Untuk pertama kalinya, pelantikan CPNS di Kota Batu Menjadi PNS digelar secara online untuk mencegah penyebaran covid-19.

Penulis: Benni Indo | Editor: Eben Haezer Panca
ist/humas pemkot batu
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyaksikan penandatanganan pengambilan sumpah dan janji sebagai pegawi negeri sipil (PNS) di Pendopo Balai Kota Among Tani Batu, Selasa (19/5/2020). 

SURYA.co.id | BATU - Sebanyak 217 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Batu menjalani pengambilan sumpah dan janji sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pendopo Balai Kota Among Tani Batu, Selasa (19/5/2020).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memimpin langsung pengambilan sumpah dan janji tersebut.

Uniknya, pelantikan tersebut diselenggarakan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi. Hal itu dilakukan berdasarkan pedoman Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) No 10/SE/IV/2020.

Enam orang perwakilan CPNS mengikuti kegiatan tersebut. Mereka menandatangani berita acara yang disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Batu, Eny Rachyuningsih dan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), Siswanto.

Dewanti mengatakan bahwa prosesi secara virtual itu baru pertama kalinya digelar. Meski begitu, tidak mengurangi makna pelantikan para abdi negara tersebut. Pelaksanaan secara virtual tersebut dilakukan karena bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah pelaksanaan sumpah janji PNS berjalan lancar dan sukses. Ini memang harus dilakukan walau di tengah pandemi Covid-19 dan tidak bisa ditunda. Tapi tetap pelaksanaannya sesuai dengan SOP," ujar Dewanti.

Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto menjelaskan bahwa total CPNS yang mengikuti sumpah janji jabatan menjadi PNS ada 217 lalu ditambah enam orang dari STPDN sehingga totalnya menjadi 223.

"Jadi yang diambil sumpah jabatan adalah mereka yang sebelumnya mengikuti tes/seleksi tahun 2018. Kemudian pengangkatan Februari 2019 tahun lalu. Hari ini pengambilan sumpah dari CPNS ke PNS," terangnya.

Dengan disumpah janji jabatan, para PNS akan mendapat gaji penuh 100 persen. Sedangkan sebelumnya, saat berstatus CPNS, mereka hanya menerima gaji 80 persen. Dari data BKPSDM Kota Batu sendiri ada 236 formasi yang dibutuhkan hanya ada 217 CPNS yang lolos seleksi. Sedangkan sisanya 19 formasi tidak terisi.

Beberapa formasi yang tidak terisi tersebut di antaranya Guru Agama Kristen, Guru Prakarya, Guru TK, Arsiparis dan Pranata Kearsipan. Dalam proses pendaftarannya, ada 3500 peserta yang mendaftar dengan total 217 yang lolos dari pendaftar. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved