Ramadan

LIVE TARAWIH DARI MEKAH DAN MADINAH: Malam Ganjil, Adzan Sudah Berkumandang

Sebagaimana malam sebelumnya, jemaah salat digelar secara terbatas. Hanya diikuti para syekh dan petugas masjid

LIVE TARAWIH DARI MEKAH DAN MADINAH: Malam Ganjil, Adzan Sudah Berkumandang
AFP
Mataf (area tawaf sekitar kabah) ditutup sementara

 SURYA.co.id - Malam ini, malam ke 25 Ramadan. Malam ganjil yang sangat dianjurkan untuk beribadah dan memperbanyak amalan agar bisa meraih lailatul qodar. Malam yang lebih baik dari 1000 malam.

Bagi kaum muslim yang ingin menambah amalan dan menikmati suasana syahdu di malem ganjil, ada baiknya menyaksikan live streaming dari masjidil Haram Mekah dan masjid Nabawi Madinah.

Salat Isyak dan tarawih sudah jelang dimulai. Sebagaimana malam sebelumnya, jemaah salat digelar secara terbatas. Hanya diikuti para syekh dan petugas masjid

Di kutip dari NU.or.id Jumat (8/5/2020), Rasulullah memiliki cara tersendiri menyambut malam lailatul qadar. Pada sepuluh malam terakhir rasulullah akan terus meningkatkan ibadahnya.

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Al Bukhari yang artinya sebagai berikut.

"Nabi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah," (HR Al-Bukhari).

Karenanya Rasulullah lebih fokus beribadah pada malam-malam tersebut dan menganjurkan umatnya untuk meningkatkan ibadah pada malam-malam tersebut.

Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menjelaskan ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qadar.

"Kami riwayatkan dari sanad yang shahih dalam kitab al-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain bahwa Aisyah pernah berkata (yang artinay):

‘Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatul qadar, apa yang bagus aku baca?’ Rasulullah menjawab, ‘Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).'

Halaman
12
Penulis: Suyanto
Editor: Suyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved