Breaking News:

Anggaran 8,7 Triliun THR Pensiunan Cair Besok, Berikut Rincian dan Perbedaan dengan THR PNS

Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 8,7 triliun Rupiah untuk keperluan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pensiunan yang mulai dapat dicairkan pad

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Adrianus Adhi
shutterstock
Ilustrasi THR Pensiunan 2020 

SURYA.co.id - Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 8,7 triliun Rupiah untuk keperluan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pensiunan yang mulai dapat dicairkan pada tanggal 17 Mei 2020, Berikut perbedaan THR Pensiunan dan THR PNS, Sabtu (16/5/2020)

Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 29,382 Triliun untuk dana Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, Pensiunan, Polri dan TNI pada tahun ini

Anggaran ini lebih kecil sebesar 11 triliun Rupiah dibandingkan tahun lalu. Pengurangan anggaran THR ini dikarenakan adanya pengetatan anggaran yang dilakukan pemerintah ditengah wabah Covid-19 atau Virus Corona.

Lebih detil, jatah untuk ASN TNI-Polri di pusat Rp 6,7 triliun. Pensiunan dijatah sebesar Rp 8,7 triliun dan RP 13,8 triliun untuk daerah.

Pengurangan anggaran THR ini membuat adanya perubahan rincian, dan golongan yang mendapatkan THR PNS, Polri dan TNI tahun ini

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2020 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada PNS, TNI, dan Anggota Polri serta pensiunan, disebutkan bahwa THR PNS yang akan dicairkan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Artinya, THR PNS tidak termasuk tunjangan kinerja seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berikut bunyi kebijakan mengenai aturan THR PNS dikutip Kompas.com dengan judul "Aturan Sudah Diteken Jokowi, Ini Daftar Jabatan PNS yang THR-nya Bakal Cair".

"Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 ayat (1) diberikan bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan hakim dalam jabatan hakim madya muda kebawah atau hakim dengan pangkat kolonel kebawah di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada dibawahnya, paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum".

THR Pensiunan PNS, TNI dan Polri cair hari ini khusus yang memiliki rekening. Sementara yang via kantor pos baru bisa diambil tanggal 17 Mei 2020.
THR Pensiunan PNS, TNI dan Polri cair hari ini khusus yang memiliki rekening. Sementara yang via kantor pos baru bisa diambil tanggal 17 Mei 2020. (kontan.co.id)

Bagaimana dengan THR pensiunan?

Penerima pensiun terusan dari pensiunan PNS, Prajurit TNI, atau Anggota Polri yang meninggal, tewas, gugur (ahli waris), yaitu sebesar penghasilan satu bulan gaji terusan pada dua bulan sebelum hari raya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved