Berita Surabaya

Stok Darah di PMI Surabaya Menipis, Golongan A dan AB Sudah Kosong

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menipis. Bahkan, untuk golongan darah A dan AB bisa dibilang sudah kosong.

ahmad zaimul haq
ILustrasi - Petugas menyortir persediaan stok darah di Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI Kota Surabaya, Rabu (8/6/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menipis. Bahkan, untuk golongan darah A dan AB bisa dibilang sudah kosong.

Kepala Unit Dinor Darah PMI Surabaya, dr Hj Budi Arifah, mengatakan kondisi tersebut berlangsung sejak seminggu lalu.

"Ya golongan darah A dan AB paling dikit. Dikit ini saya anggap sudah kosong, kemudian yang donor juga dikit karena PSBB Surabaya ini menurun," kata Budi Arifah saat dihubungi, Jumat (15/5/2020).

Arifah menuturkan menipisnya dua stok golongan darah tersebut, diimbangi pula banyaknya permintaan.

"Iya yang butuh banyak tapi kami hampir kehabisan yang aman (stok banyak) golongan darah B," ucap dia.

Menyiasati hal itu, pihaknya terus menggaungkan ajakan berdonor darah lewat beberapa cara, seperti mengingatkan pendonor aktif lewat melalui SMS gateway dan media massa.

Bahkan, dalam waktu dekat, tepatnya pada 18-20 Mei esok, PMI Surabaya memberikan bingkisan bagi para pendonor yang melakukan donor darah pada hari itu.

"Nanti bisa milih bingkisannya sembako atau kaus. Terus nanti juga dapat paket makanan dari restoran ayam goreng cepat saji. Ya itu bentuk wujud terima kasih kami buat yang sudah sudi datang untuk diambil darahnya," ungkapnya.

Budi Arifah menambahkan, masyarakat tak usah khawatir jika hendak melakukan donor darah di tengah pandemi corona sekarang.

Ia memastikan di lokasi itu aman, karena pihaknya menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

"Disenfektan rutin, physical distancing kami terapkan, bilik sterilasi, tempat cuci tangan ada semua lengkap. Jadi buat warga Surabaya yang sehat, kami imbau mau donor di PMI Embong Ploso No. 7-15," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved