Breaking News:

Menpora Zainudin Amali Bicara Soal Kelanjutan Kompetisi Olahraga di Indonesia, Bisa Dilanjutkan?

Zainudin Amali mengakui, pihaknya sudah mendapat saran dari gugus tugas Covid-19 soal kelanjutan kompetisi olahraga di Indonesia

surya.co.id/zainel arif
Zainudin Amali mengakui, pihaknya sudah mendapat saran dari gugus tugas Covid-19 soal kelanjutan kompetisi olahraga di Indonesia 

SURYA.co.id | JAKARTA - Kelanjutan berbagai kompetisi olahraga di Indonesia belum ada kejelasan kapan dimulai. Kementrian Olahraga (Kemenpora) masih terus bicara rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengakui, pihaknya sudah mendapat saran dari gugus tugas Covid-19 soal kelanjutan kompetisi olahraga di Indonesia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kata Zainudin Amali, meminta harus ada protokol kesehatan yang disiapkan seperti rapid dan swab test jika aktivitas serta kompetisi olahraga kembali dimulai.

Namun, Menpora belum bisa memastikan apapun ketika pada saat yang bersamaan Indonesia masih berjuang memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Ada saran dilakukan rapid dan swab test, tetapi kita lihat seberapa permintaannya nanti akan disampaikan ke gugus tugas," kata Zainudin Amali dikutip Surya dari Kompas.com.

"Gugus tugas sudah menyampaikan saran-saran. Misalnya tanpa penonton, harus melakukan swab dan rapid test untuk pemain dan staf, tetapi klub-klub belum merespons," kata Zainudin Amali.

Seperti diketahui, semua kompetisi olahraga nasional ditangguhkan sejak Maret 2020. Setelah kompetisi berhenti, atlet-atlet melakukan latihan mandiri di rumah masing-masing.

Menurut Zainudin Amali, rasanya masih sulit untuk melakukan program latihan berkelompok dalam waktu dekat apalagi kasus penyebaran virus Corona belum menunjukkan penurunan.

Hingga saat ini hanya ada sedikit cabor yang masih melanjutkan aktivitas latihan di Pelatnas yakni angkat besi, bulutangkis, dan menembak.

Program latihan itu juga dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan selama masa pandemi virus corona.

"Kami sudah menyampaikan protokol keolahragaan kepada para pengurus cabor, organisasi, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga di berbagai provinsi. Kami juga perbarui sesuai dengan perkembangannya," terang Menpora.

"Silakan tetap berlatih tetapi harus mematuhi protokol kesehatan. Untuk bulu tangkis, saya sudah mewanti-wanti agar para atlet yang sudah di dalam Pelatnas tidak boleh keluar dan ada orang yang menjenguk," tegas Zainudin Amali.

Editor: Fatkhul Alami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved