Berita Blitar

Imbas Corona, Serapan Anggaran OPD Pemkot Blitar Masih di Bawah 10 Persen

Serapan anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar masih rendah.

samsul hadi/suryamalang.com
Suasana rapat evaluasi penyerapan anggaran antara komisi III dan sejumlah OPD di gedung DPRD Kota Blitar, Jumat (15/5/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - Serapan anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar masih rendah. Rata-rata tingkat serapan anggaran di sejumlah OPD masih di bawah 10 persen hingga April 2020.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto, usai rapat evaluasi penyerapan anggaran dengan sejumlah OPD, Jumat (15/5/2020). Totok menganggap penyerapan anggaran di sejumlah OPD masih belum sesuai dengan target.

"Rata-rata, serapan anggaran di OPD mitra komisi III masih di bawah 10 persen, masih belum sesuai harapan. Kecuali DLH (Dinas Lingkungan Hidup), serapannya sudah mencapai 25 persen hingga April," kata Totok.

Totok mengatakan sesuai target, serapan anggaran di tiap OPD harus mencapai 40 persen atau mendekati 50 persen di semester pertama.

Tapi, hingga April 2020, serapan anggaran di tiap OPD masih di bawah 10 persen.

"Seperti DPUPR, serapan anggarannya masih tujuh persen hingga April 2020," ujarnya.

Menurut Totok, rendahnya serapan anggaran di sejumlah OPD karena terimbas kebijakan percepatan penanganan pandemi Covid-19 dari pemerintah pusat.

Pemerintah pusat memerintahkan daerah untuk sementara tidak melaksanakan proyek fisik yang belum mendesak.

"Memang perintah dari pusat, daerah tidak boleh ada kegiatan (fisik), semua fokus penanganan pandemi. Padahal, anggaran terbesar di belanja modal, kalau tidak bisa dilaksanakan otomatis mengurangi serapan. Sementara yang bisa dilaksanakan belanja rutin, seperti pemeliharaan, dan gaji pegawai," katanya.

Dikatakannya, komisi III meminta sejumlah OPD untuk tetap meningkatkan serapan anggaran.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved